GOODBENER! Di Bawah Kepemimpinan Anies, Banyak Program Prioritas Tapi APBD DKI 2019 Turun 2,5 T!


[PORTAL-ISLAM.ID]  Legislatif dan eksekutif menyetujui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) DKI Jakarta 2019 senilai Rp86.892.497.098.257 berlaku hingga akhir tahun nanti. Angka ini turun Rp2,5 triliun dari nilai awal APBD 2019.

Kesepakatan itu diputuskan dalam rapat paripurna di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih Raya, Jakarta Pusat, Rabu 14 Agustus 2019, yang dihadiri Gubernur Anies Baswedan, pimpinan beserta anggota DPRD.

“Angka yang disepakati adalah Rp86,89 triliun. Jadi ini yang kemudian menjadi final,” kata Anies Baswedan.

Dalam rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi, Anies bersama pimpinan DPRD DKI ikut menandatangani MoU terkait Kebijakan Umum Perubahan APBD dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUPA-PPAS) APBD Jakarta 2019.

Anies berharap dengan disetujuinya APBD-P 2019 oleh DPRD, maka eksekutif bisa menuntaskan program-program pada sisa tahun berjalan.

“Kita telah tuntas di dalam pembahasan rancangan KUPA dan PPAS. Harapannya dengan ini nanti kita akan bisa finalisasi program-program tahun 2019,” ujar Anies.

Anies menyebutkan, penurunan nilai APBD-P 2019 tak akan berdampak pada implementasi program-program prioritas Pemprov DKI Jakarta.

“Ini lebih kepada hitungan di atas kertas. Jadi yang dikatakan turun Rp2,4 triliun itu adalah hitungan accounting-nya turun Rp2,4 triliun, karena asumsi Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (Silpa) yang semula diperkirakan Rp12 triliun, ternyata menjadi Rp9,5 triliun,” ujarnya.

Anies meminta satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di jajarannya untuk memperbaiki perencanaan keuangan.

“Ke depan, mudah-mudahan, nanti akan melihat dengan serapan kita semakin baik, maka (Silpa) juga makin sedikit. Jadi dengan ini, nanti akan jadi sebuah trend baru, di mana SILPA kita semakin tahun semakin berkurang, ruang pada perubahan penambahan juga semakin berkurang,” kata Anies.

Sumber: Okezone
Baca juga :