Jejak Kekhalifahan: Saat Kelaparan Melanda Eropa Kristen, Khalifah Islam Utsmani Yang Membantu


[PORTAL-ISLAM.ID] Antara tahun 1845-1852 M kelaparan hebat terjadi di negara Eropa wilayah Irlandia yang saat itu dikuasai Kerajaan Inggris. Peristiwa itu dikenal dengan "the Great Hunger" atau ‘The Great Irish Famine’.

Akibat bencana kelaparan ini angka kematian meningkat, lebih dari 1 juta orang meninggal dunia, terjadi imigrasi besar-besaran yang membuat jumlah penduduk Irlandia berkurang sebanyak 25%.

Mendengar peristiwa itu Sultan Khilafah Ottoman Abdul Majid I menyatakan keinginannya untuk mengirimkan bantuan sebesar 10.000 sterling demi membantu warga Irlandia.

Atas bantuan itu masyarakat Irlandia menyampaikan rasa terima kasih kepada sultan Abul Majid I melalui sebuah surat yang hingga saat ini masih tersimpan rapi di musium arsip Turki. Dalam surat tersebut para pembesar dan bangsawan Irlandia menyampaikan pujian kepada Sultan, dan berharap agar tindakan Ottoman menjadi contoh bagi negara-negara lainnya di Eropa.

Pada tahun 1853, pendeta Kristen Rev. Henry Natal menulis tentang bencana kelaparan tersebut dan tentang Sultan Abdulmajid, Khalifah negara Islam:

“… Selama tahun kelaparan di Irlandia, Sultan mendengar penderitaan yang ada di negara bahagian Inggris itu; ia segera menyampaikan kepada Duta Besar Inggris keinginannya untuk membantu sejumlah besar uang..”

Hingga kini peristiwa bersejarah itu masih sangat membekas di hati masyarakat Irlandia, terutama bagi mereka yang tinggal disekitar pelabuhan Drogheda.

Dan sejak peristiwa itu pula masyarakat Irlandia menganggap Turki seperti saudara sendiri, sehingga tak jarang siapapun yang pernah berkunjung ke Irlandia khususnya ke Drogheda dapat dengan mudah menyaksikan hal-hal yang bernuansa Turki, bahkan salah satu klub sepak bola Irlandia Drogheda United menjadikan lambang kesultanan Ottoman sebagai lambang klubnya, sebagai penghormatan terhadap kekhalifaan Ottoman Turki. Mereka bangga dengan lambang tersebut.

Begitulah jadinya bila Khilafah Islam berkuasa. Islam akan menjadi rahmatan lil 'alamin... rahmat bagi semesta alam, tidak hanya bagi yang muslim.

Begitulah fakta sejarah yang hendak dipadamkan dengan berbagai fitnah..

يُرِيدُونَ أَنْ يُطْفِئُوا نُورَ اللَّهِ بِأَفْوَاهِهِمْ وَيَأْبَى اللَّهُ إِلَّا أَنْ يُتِمَّ نُورَهُ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُونَ

"Mereka hendak memadamkan cahaya (agama) Allah dengan mulut (ucapan-ucapan/propaganda) mereka, dan Allah tidak menghendaki selain menyempurnakan cahayanya, walaupun orang-orang yang kafir tidak menyukai." [QS at-Taubat/9:32].

[Berikut VIDEO yang menceritakan peristiwa The Great Hunger dan Khilafah Islam Turki]
Loading...