Jakarta Jadi Tuan Rumah Formula E 2020, Ini Lintasan Yang Bakal Dipakai


[PORTAL-ISLAM.ID]  Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sudah mengumumkan ajang balapan bergengsi Formula E akan digelar di Jakarta pada 2020 mendatang. Keputusan ini bahkan disebutkan Anies sudah dilakukan survei oleh pihak penyelenggara lomba balap mobil listrik tersebut.

Kadishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan sudah ada dua rute yang disetujui oleh penyelenggara untuk dijadikan lintasan. Lokasi akan terpusat di Jakarta Pusat, tepatnya di sekitar Monas.

“Sementara kita usulkan ada, kemarin itu dari penyelenggara ada 2 anternatif yang diambil,” ujar Syafrin saat dihubungi, Senin (15/7/2019), seperti dilansir JawaPos.

Syafrin menjelaskan, dua rute tersebut disetujui oleh pihak penyelenggara setelah melakukan survei ke Jakarta pada 8 Juli lalu. Sebetulnya pemprov mengajukan 5 lintasan, namun hanya 2 lintasan yang dinilai memungkinkan.

“Sebenarnya mengusulkan 5 rute. Tapi kemudian dari penyelenggara mendesain 2. Visiblenya 2 itu mereka bahas disana. Dari situ tentu kira-kira apa yang bisa disetujui, kita akan mengikuti usulan mereka, dari penyelenggara,” imbuhnya.

Sementara itu, terkait kondisi jalan berlubang maupun bergelombang, Dishub akan melakukan perbaikan sesuai standar Formula E.

Sebelumnya, Anies Baswedan melalui laman media sosialnya memberikan kabar gembira. Dia menyampaikan Jakarta akan menjadi tuan rumah balap mobil bergengsi kelas dunia, Formula E.

“Sebuah proses negosiasi dan persuasi yang panjang itu telah menemukan  sebuah akhir yang indah. Jakarta akan menjadi salah satu tuan rumah balap mobil bergengsi Formula E di pertengahan tahun 2020,” ujar Anies, Minggu (15/7/2019).

Formula E merupakan turnamen balapan terpopuler kedua sesudah Formula 1. Bedanya dengan Formula 1, Formula E menggunakan mesin bertenaga listrik sehingga bebas emisi, dan diadakan di jalan raya yang diubah jadi sirkuit sementara.

Berikut 2 lintasan yang telah mendapat persetujuan pihak Formula E:

1. Silang Monas Tenggara – MI Ridwan Rais – Tugu Tani – MI Ridwan Rais – Merdeka Selatan – Wisma Antara – Kedubes AS – Silang Monas Tenggara.

2. Silang Monas Selatan – belakang Gambir – Ridwan Rais – Merdeka Selatan – Bundara Patung Kuda –  Silang Monas Selatan.

[Video]
Baca juga :