Transportasi DKI Jadi Terbaik di Dunia, Anies: We Are On The Right Track, InsyaAllah!


[PORTAL-ISLAM.ID]  Jakarta diakui sebagai satu dari tiga kota terbaik dunia. Apresiasi ini diberikan untuk perbaikan sistem transportasi dan mobilitas kota. Demikian yang diungkapkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pada laman Facebook miliknya, Kamis (27/6/2019).

Anies membeberkan, predikat ini diperoleh pada ajang Sustainable Transport Award yang tahun ini diselenggarakan di Forteleza, Brazil. Ini membuktikan Jakarta diakui sehingga mendapatkan pengakuan dari lembaga kredibel tingkat dunia, bukan lewat banyak-banyakan voting di media sosial.

Dalam ajang itu, Jakarta masuk ke posisi tiga besar bersama Pune (India), dan Kigali (Rwanda), setelah sebelumnya masuk posisi 15 besar dari 200 kota besar dunia.

Lebih menggembirakan sekaligus membuat bangga, kata Anies, Jakarta berhasil mengalahkan kota-kota dunia seperti Kingston (Kanada), Richmond (Amerika Serikat), Bogota (Kolombia), dan banyak lainnya.

Sustainable Transport Award (STA) adalah ajang penghargaan tahunan yang menilai perbaikan mobilitas kota dan inovasi sistem transportasi.

Dalam STA, visi, konsep, dan eksekusi yang dijalankan setiap kota dinilai oleh komite yang terdiri dari lembaga-lembaga global seperti Institute for Transportation and Development Policy (ITDP), Bank Dunia, International Council for Local Environmental Initiatives (ICLEI) dan lainnya.

“Jakarta sukses meraih posisi tiga besar dalam Sustainable Transport Award atas konsep dan eksekusi integrasi antarmoda transportasi publik, peningkatan akses pejalan kaki menuju stasiun dan halte, serta keberhasilan meningkatkan jumlah penumpang TransJakarta sebanyak dua kali lipat dalam waktu dua tahun,” ujarnya lagi.

Tak lupa Anies menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada jajaran Pemprov DKI Jakarta dan BUMD yang telah bekerja keras.

Mantan Menteri Pendidikan ini pun menyampaikan apresiasi kepada pihak lain yang aktif membantu secara konstruktif seperti ITDP Indonesia, serta publik Jakarta yang berbagi kisah kota di media sosial dan lainnya.

Keberhasilan Jakarta masuk tiga besar ini ditambah dengan penilaian TomTom Traffic Index 2018. Berdasarkan penilaian itu, Jakarta mengalami penurunan kemacetan terbesar dibanding 400 kota lain.

Pencapaian ini merupakan sebuah pengakuan dunia bahwa Jakarta sedang berada di jalur yang benar dan bisa berubah mengatasi tantangan kronis Ibukota.

“Yes, we are on the right track, InsyaAllah!,” pungkasnya.

Sumber: CNBCIndonesia

Loading...