Rp 50.000 Untuk Tiap Bocah dari Peci Anies


[PORTAL-ISLAM.ID]  Membagi-bagikan uang adalah kebiasaan yang dilakukan para orang tua kepada anak-anak setiap Hari Raya Lebaran.

Biasanya tradisi itu dilakukan ketika berlangsung saling kunjung ke rumah kerabat dekat atau tetangga.

Tradisi itu juga dilakukan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Bedanya, ia melakukannya ketika bersilaturahmi dengan keluarga pegawai Pemprov DKI Jakarta dan warga umum di halaman Balaikota Jakarta, usai salat Id, Rabu pagi 5 Juni 2019.

Masyarakat yang menghadiri acara silaturahmi itu berkesempatan menyalami Anies dan istri, Fery Farhati Ganis, bersama Sekretaris Derah (Sekda), Saefullah.

Setiap ada anak kecil di depannya, Anies akan langsung membuka peci hitam di kepalanya. Kemudian tangan Anies tampak mengambil sesuatu di dalam peci yang tak lain adalah lembaran uang Rp 50 ribu untuk diberikan ke tiap anak kecil yang menyalamnya.

Kepada wartawan yang memperhatikan, Anies berujar hal itu merupakan tradisi yang dulu dilakukan oleh mendiang ayahnya. Ia hanya berusaha meneruskan tradisi tersebut.

"Itu tradisi sejak kecil, bapak saya dulu bagi-bagi uang kalau Lebaran. Ayah selalu menyiapkan uang baru dan dibagikan ke anak-anak," ucapnya sambil tersenyum.

"Biasanya pada akhir hari, anak-anak itu menghitung dapat berapa hari ini uang Lebarannya. Ini tradisi, kalau kita jaga Insya Allah anak-anak kita melakukan hal yang sama," tambahnya.

Anies mengaku sudah mempersiapkan uang Lebaran khusus untuk anak-anak kecil yang menyalaminya di Balaikota.

"Yang saya taruh di peci sudah habis, satu anak saya kasih Rp 50 ribu. Tadi ada 12 lembar dan habis, untung ada ajudan bawa stok," ucap Anies.

Sumber: RMOL