Felix Siauw: Arti Islam Bagiku


Arti Islam Bagiku

Islam bagi saya adalah berkah, sebab tanpa Islam, entah jadi apa hidup saya. Walaupun sebelum jadi Muslim, saya fine-fine aja dengan hidup saya itu.

Saya merasa nggak ada yang salah, hidup berkecukupan, bahkan diatas rata-rata, orangtua lengkap, sekolah terbaik, teman-teman normal, semua fine.

Kehidupan asmara keren, meski nggak playboy, duit masih cukup buat beli komik dan cemilan. Masa depan, kuliah harapannya di Singapura, kalau nggak di Jepang.

Selepas lulus, kerja di perusahaan orangtua, gaji 10x lipat UMR, punya istri cantik dan anak 3, liburan tahunan. Itu bayangan hidup saya, my life is all right.

Tapi justru itu masalahnya, saya nggak paham kalau saya punya masalah. Angan-angan itu nutupin akal saya, menafikkan bahwasanya saya itu diciptakan.

Sampai 18 tahun, akal saya nggak lagi bisa dibendung, pertanyaan harus dijawab. Bukan hanya saya temukan bahwa kita diciptakan, tapi kita punya tujuan hidup.

Dan ultimate goals itu bukan di dunia, dunia cuma tempat persiapan, nyari bekal ke tujuan akhir. Disitulah saya berubah total, sejak saya ketemu Islam.

Dan itu tepat 2 bulan sebelum Ramadhan. Maka di Ramadhan pertama di tahun 2002, saya paham bahwa hidup itu bukan serendah bayangan saya di awal.

Tapi ada hal yang lebih besar. Tentang mengajak manusia semua dalam kebaikan, berdakwah mengenalkan terang pada mereka yang diselimuti kegelapan.

Tentang pertanggungjawaban akan harta, jabatan, bahkan ilmu, dan umur, apakah sesuai dengan keinginan Allah yang memberikan itu semua bagi kita.

Saya belajar bahwa bahagia itu bukan fisik, justru selama ini manusia terhalang dari bahagia karena membatasi bahagia itu hanya pada fisik.

Bila tanpa Islam, saya terjebak pada bahagia palsu, yang ujungnya kesengsaraan dunia dan akhirat. Alhamdulillah Islam mengubah saya dan hidup saya.

Apa arti Islam bagimu? Apa arti hijrah bagimu? Semoga berbagimu jadi jalan penguat bagi mereka yang sedang ada di persimpangan taat.

10 Ramadhan 1440 / 15 Mei 2019

(FELIX SIAUW)

*Foto: Felix Siauw dengan kedua orang tuanya. Semoga Allah SWT memberi mereka hidayah.