[PORTAL-ISLAM.ID] Pakar media sosial sekaligus pengembang aplikasi Drone Emprit, Ismail Fahmi, memaparkan hasil Big Data masa kampanye antara dua calon Jokowi-Maruf dan Prabowo-Sandi di Pilpres 2019.
TREN DI SEMUA KANAL
Dalam periode seminggu terakhir, dari 26 Maret - 1 April 2019, grafik tren di semua kanal memperlihatkan "Kampanye Prabowo" lebih tinggi dibanding "Kampanye Jokowi".
SHARE OF VOICE KAMPANYE
Di semua kanal, share of voice "Kampanye Prabowo" lebih tinggi dengan 65% mention, dan "Kampanye Jokowi" hanya 35%.
ACTIVE USERS
Tingginya tingkat interaksi "Kampanye Prabowo" memperlihatkan tingginya militansi pendukung dalam mengamplifikasi twit dari influencer mereka. Tak perlu banyak mention baru.
Itu juga didukung dari jumlah user aktif kampanye Prabowo 33k akun, Jokowi hanya 23k akun.
PETA SOCIAL NETWORK KAMPANYE
Peta SNA menampilkan dua cluster besar, dimana cluster 02 tampak lebih besar dan padat dibanding cluster 01. Ini sejalan dengan jumlah user aktif 02 yang lebih banyak dibanding 01 dalam kampanye di medsos ini.
Insya Allah Prabowo-Sandi akan menang 60-65% di Pilpres 17 April 2019.
Mari terus ikhtiar, doa dan tawakal.
— Ismail Fahmi (@ismailfahmi) 1 April 2019
— Ismail Fahmi (@ismailfahmi) 1 April 2019
— Ismail Fahmi (@ismailfahmi) 1 April 2019