Polri Klaim Sudah Kantongi Identitas Pemilik Akun @Opposite6890, Ehh Malah Diledek @Opposite6890 dengan Foto Ngabalin


[PORTAL-ISLAM.ID]  Polri mengklaim telah mengetahui identitas pengelola akun twitter @Opposite6890. Akun tersebut diduga melakukan propaganda dengan menuding Polri mengerahkan ratusan buzzer untuk mendukung petahana Jokowi di Pilpres 2019.

"Saat ini tim Siber Bareskrim sudah mengidentifikasi dan sudah memprofil identitas pelaku di balik Opposite6890, kita sudah dapat datanya," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di kantornya, Jakarta, Senin (11/3/2019), seperti dilansir merdeka.com.

Meski begitu, Dedi belum bisa memastikan kapan pelaku akan ditangkap. Dia menuturkan, penegakan hukum harus dilakukan melalui proses pembuktian yang matang.

Sementara konten di media sosial, menurut Dedi, sangat mudah direkayasa. Seribu atau sejuta jejak digital sekalipun, kata dia, nilainya hanya satu sebagai alat bukti petunjuk. Sehingga polisi membutuhkan alat bukti lain.

"Alat bukti harus terverifikasi, baik dengan analisa pembuktian secara ilmiah juga harus sangat kuat. Kita tidak akan terburu-buru," tuturnya.

Dedi menambahkan, Opposite6890 disebut sengaja melakukan propaganda di media sosial untuk mendelegitimasi Polri.

Sebelumnya, akun Twitter @opposite6890 membeberkan dugaan keterlibatan Polri dalam mengerahkan pasukan buzzer di Pilpres 2019. Menurutnya, polisi membentuk tim buzzer 100 orang per Polres di seluruh Indonesia yang terorganisasi hingga Mabes Polri.

Mereka saling mengikuti atau follow baik di Instagram, Twitter, maupun Facebook yang berinduk pada akun utama @alumnisambhar. Opposite6890 juga membeberkan profil followers @alumnisambhar rata-rata berseragam polisi.

Klaim Polri sudah mengantongi identitas pemilik akun @Opposite6890 malah dibalas dengan ledekan.

Dalam postingan terbaru, pagi ini Selasa (12/3/2019), akun @Opposite6890 mengunggah gambar transformasi foto profile akun menjadi Ngabalin.

"POLRI berhasil mengungkap identitas pemilik akun @Opposite6890. Mabes Polri mengakui identitas tersebut berdasarakan foto profile akun @Opposite6890 tersebut. Berikut wajah aslinya...," demikian tulisan dalam gambar yang diunggah akun @Opposite6890.

Sontak saja unggahan akun @Opposite6890 bikin warganet terpingkal.

Baca juga :