Sandi: Terima Kasih CEO Bukalapak Sudah Singgung Dana Riset


[PORTAL-ISLAM.ID] Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno mengucapkan terima kasih kepada CEO Bukalapak Achmad Zaky karena telah mengungkit dana riset dan pengembangan di Indonesia. Sandi menilai isu itu penting dibicarakan khalayak publik.

Sebelumnya, Zaky mengunggah konten melalui akun twitternya berisi perbandingan dana riset dan pengembangan Indonesia yang masih sangat rendah dibanding negara-negara lain.

"Saya terima kasih Zaky mengangkat itu, karena ini adalah yang diperlukan bangsa kita untuk memiliki daya saing," tutur Sandi di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta, Sabtu malam (16/2).

Sandi menegaskan bahwa dirinya tidak membawa cuitan Zaky ke ranah politik. Dia mengamini bahwa Zaky sempat dituding menginginkan presiden baru akibat cuitannya itu. Namun, Sandi lebih suka diskursus publik berkutat pada dana riset dan pengembangan di Indonesia yang masih rendah.

Diketahui, tak lama setelah Zaky mencuit, beredar tagar #UninstallBukalapak karena banyak netizen yang menganggap Zaky mendambakan presiden baru. Kemudian, #UninstallJokowi ikut-ikutan menggema di Twitter. Bahkan hingga menjadi trending topic dunia.

"Saya mau ini diskursusnya bukan politik, tapi R&D untuk meningkatkan inovasi kita," kata Sandi.

Sandi kemudian memaparkan pandangannya soal dana riset dan pengembangan. Menurut Sandi, perlu ada langkah berbeda untuk meningkatkan dana riset dan pengembangan.

Dia menilai perlu ada kerja sama antara pemerintah, akademisi, dan dunia usaha. Alangkah baik pula, menurutnya, jika ada semacam dana abadi khusus untuk riset dan pengembangan. Dana abadi itu bisa berasal dari pajak yang ditarik dari dunia usaha.

"Sehingga dana riset tidak hanya di pemerintah, dan dana riset di pemerintah itu kan tidak hanya untuk risetnya, ada juga untuk gaji pegawainya, maintenance gedung, dan sebagainya," kata Sandi, seperti dilansir CNNIndonesia.

Loading...