Mendagri Tegaskan Siap Lindungi 35 Kepala Daerah di Jateng yang Jadi Pendukung Jokowi


[PORTAL-ISLAM.ID] JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo menegaskan, akan melindungi kepala daerah di Jawa Tengah yang deklarasi mendukung pasangan calon (paslon) presiden-wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin. Sebab, menurutnya, kepala daerah tersebut tidak melanggar aturan.

"35 kepala daerah (di Jateng) tidak ada yang melanggar. Itu setelah kita pelajari clear kok. Mereka ikuti aturan, mengajukan cuti, semua clear sesuai aturan. Kalau ada yang bilang melanggar etika, etika yang mana?" kata Tjahjo di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (25/2/2019).

Menurut Menteri dari PDIP ini, Kemendagri hanya melindungi seluruh kepala daerah yang terlibat kampanye pasangan calon dengan mengikuti aturan yang ada. Tjahjo pun menyinggung nama Gubernur DKI Anies Baswedan yang kala itu kedapatan menunjukkan gestur salam dua jari di acara Partai Gerindra.

Sebelumnya diberitakan, deklarasi puluhan kepala daerah di Jawa Tengah yang diinisiasi Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, di Hotel Alila Solo, Sabtu 26 Januari, dinyatakan Bawaslu Jawa Tengah melanggar Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan merekomendasikan tindak lanjutnya kepada Kemendagri.

“Bawaslu Provinsi Jawa Tengah merekomendasikan kasus ini kepada Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia di Jakarta. Mengumumkan di dalam pengumuman sekretariat Bawaslu Provinsi Jawa Tengah dan memberikan status laporan kepada pelapor,” kata Koordinator Divisi Humas dan Antarlembaga Bawaslu Jateng Rofiuddin, Sabtu, 23 Februari 2019. (Sindonews)