Bisnis Pariwisata Menurun, Wakil Gubernur UNGKAP: Bali Dijual Murah oleh Turis!


[PORTAL-ISLAM.ID]  Wakil Gubernur Bali, Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati tak ragu menyebut jika kualitas pariwisata Bali mengalami penurunan drastis belakangan ini. Penyebabnya, kata tokoh yang karib disapa Cok Ace itu, adalah upaya 'menjual' Bali dengan harga yang murah.

"Bali mengalami penurunan kualitas pariwisata. Salah satu indikasinya adalah penurunan daya beli. Bali dijual murah oleh turis," kata Cok Ace pada seminar dengan tema 'Nangun Sat Kethi Loka Bali sebagai Spirit Pembangunan Ekonomi Bali' di Vasini Hotel, Denpasar, Rabu, 20 Februari 2019.

Pada acara yang diinisiasi Mandiri Jaya Organizer itu ia melanjutkan, selama ini pariwisata merupakan tulang punggung ekonomi Bali selain dari UKM dan sektor pertanian. Pertumbuhan ekonomi Bali sebesar 6,35 persen melampaui nasional sebesar 5,17 persen.

Begitu pula dengan PDRB Bali sebesar 56 persen yang melebihi nasional sebesar 54 persen. Persentase kemiskinan dan pengangguran di Bali juga jauh di atas nasional yakni 3 persen dan 1,17 persen berbanding 9 persen dan 5,14 persen.

Dalam hal indeks pembangunan manusia, Bali juga mengungguli nasional dengan raihan 74.30. "Ini menyangkut kesehatan, kebahagiaan, pendidikan dan tingkat ekonomi Bali yang jauh di atas nasional," papar dia.

Sektor pariwisata menyumbang 73 persen pendapatan Bali atau setara dengan Rp163 triliun dari pendapatan total sektor pariwisata senilai Rp225 triliun. "Itu pendapatan kotor Bali di sektor pariwisata. Sisanya sektor UKM dan pertanian, di mana pertanian menyumbang 14 persen pendapatan Bali," ujarnya.

Hanya saja, dijual murahnya Bali oleh turis, utamanya wisatawan asal Tiongkok menjadi tantangan tersendiri. Ia menceritakan, toko-toko asal Tiongkok yang beroperasi di Bali banyak menjual hal-hal tak berkaitan dengan pariwisata seperti rantang, panci, bantal dan lainnya.

Sumber: Liputan6

Warganet pun berkomentar.
@SChandradini: Kira-kira siapa ya Pak Wagub, dalam situasi seperti sekarang berani berupaya menjual Bali dengan harga murah ? 😢
#RakyatInginPrabowoPresiden

@pepeng09273314: Tpi gubernurnya mengkampanyekan @jokowi...cina tak akan leluasa jk tdk memiliki koneksi pemerintah pusat
Loading...