Natalius Pigai UNGKAP: Pelanggar HAM Masa Lalu Ada di Lingkaran Jokowi


[PORTAL-ISLAM.ID]  Sikap pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) yang tidak menuntaskan kasus pelanggaran hak asasi manusia (HAM) terbilang wajar.

Pasalnya, pemerintahan Jokowi justru dikelilingi oleh mereka-mereka yang diduga terlibat melakukan pelanggaran. Salah satunya pelanggaran HAM pada Tragedi 1998.

"Jadi yang melingkari Istana Negara Jokowi itu mereka yang melakukan berbagai pelanggaran. Jangan-jangan peristiwa 98 yang pelaku utamanya ada di dalam lingkaran Jokowi," kata mantan Komisioner Komisi Nasional HAM Natalius Pigai dalam sebuah diskusi yang digelar di Jakarta beberapa waktu lalu.

Menurutnya, mudah bagi pemerintah memproses persoalan pelanggaran HAM masa lalu meski minim bukti. Mengingat, terdapat sarana rekonsiliasi dan perdamaian, sehingga tidak harus di muka pengadilan.

"Tapi kenapa pemerintah Jokowi tidak mau. Karena yang melingkari Jokowi itu adalah mereka yang melakukan pelanggaran-pelanggaran, berbagai pelanggaran kejahatan," ujar Pigai.

Apalagi, upaya penyelesaian kasus-kasus pelanggaran HAM masa lalu juga sudah tertuang dalam Nawa Cita pemerintahan Jokowi.

"Kok sampai sekarang diam, karena apa, orang-orang yang melingkarinya itu, melingkari Jokowi adalah orang-orang yang patut diduga bertanggung jawab terhadap peristiwa kejahatan-kejahatan masa lalu. Tidak hanya di sini tetapi juga kejahatan di tempat lain, termasuk juga di Papua," papar Pigai yang juga tokoh Papua.

Sumber: RMOL