KPU Bungkam Soal Sosok Pria Bule Dalam Debat Pertama, Siapa Pria Itu Sebenarnya?

Body

[PORTAL-ISLAM.ID]  Jagat dunia maya diramaikan dengan spekulasi warga negara asing yang terlihat pada debat kandidat pasangan Capres dan Cawapres 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis 17 Januari 2019

Dari informasi yang beredar, pria Bule itu disebut-sebut bernama Rob Allyn, konsultan politik yang digunakan Donald Trump Saat Pilpres Amerika 2016. Kubu Jokowi melalui buzzer-nya menuduh pria tersebut adalah konsultan politik Prabowo-Sandi namun kubu Prabowo membantah hal itu dan menyebutkan bahwa pria bule itu adalah undangan Komisi Pemilihan Umum (KPU), karena yang bersangkutan duduk di barisan kursi yang disediakan untuk tamu undangan KPU.

Terkait hal itu, Komisioner KPU Evi Novia Ginting enggan berkomentar soal sosok pria bule yang hadir dalam acara debat itu. Sebab, kata dia orang asing yang diundang hanya dari Duta Besar saja.

“Diluar itu tidak,” ucap Evi singkat, Ahad 20 Januari 2019

Sementara itu, Pengamat Politik IPI Karyono Wibowo meminta KPU untuk bersuara agar tidak ada dusta di antara kita terkait sosok misterius WNA yang viral di sosial media tersebut.

Terlebih, penyelenggara Pemilu 2019 khususnya KPU ini dituntut untuk mandiri tidak boleh diintervensi oleh pihak asing.

“KPU harus terbuka siapa sosok misterius itu. KPU harus mandiri, jangan sampai ada intervensi atas kehadiran WNA tersebut,” tambah dia.

Karyono berharap polemik sosok bule yang jadi sorotan saat hadir di debat perdana itu bisa dibuka ke publik.

“Jika itu bukan dari tamu undangan KPU lantas siapa sosok misterius itu. Ingat KPU tidak boleh diintervensi oleh siapapun, apalagi pihak asing,” pungkasnya.

Sumber: Swamedium
Baca juga :