Anies Sumbang 33,6 M ke Lombok, Fahri Hamzah Sindir Jokowi: Ya Allah Buku Tabungan Belum Keisi



[PORTAL-ISLAM.ID]  Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengirimkan bantuan kepada korban bencana alam di Lombok Utara. Seperti unggahan dalam akun sosial media Instagram pribadi miliknya, ia langsung turun ke lokasi untuk memberikan bantuan sebesar Rp33,6 miliar.

"Jakarta ini bukan hanya kota, tapi kita adalah ibu kota, apapun yang terjadi di manapun di Indonesia, kita harus turut membantu sesama anak bangsa. Untuk membantu saudara-saudara kita di Lombok, Pemprov DKI telah turun tangan dari masa tanggap darurat, masa pemulihan, hingga proses pembangunan kembali pascabencana," tulis dalam akun instagram @aniesbaswedan.

Setelah lima bulan pascabencana gempa di Lombok, para korban masih berjuang untuk bangkit kembali. Pemprov DKI sudah menganggarkan dana hibah dengan bentuk bantuan dana keuangan kepada Lombok Timur dan Lombok Utara, untuk rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana alam.

Berikut ini, rencana anggaran dana yang akan dimanfaatkan Pemda Lombok ;

Lombok Utara Rp19,2 miliar, untuk membangun 16 sekolah dari jenjang TK hingga SMP. Lalu, Lombok Timur sebesar Rp10 miliar, untuk membangun sanitasi lingkungan, rehabilitasi sarana pendidikan dan normalisasi air bersih.

Dalam keterangan di dalam akun Instagram pribadi Anies, melalui Bazis DKI juga akan membangun 25 hunian sementara.

"Melalui Bazis DKI, kita juga membangun 25 hunian sementara dan fasilitas MCK, bagi warga Sigar Pejalin, Lombok Utara. Jajaran PNS DKI peduli telah mengumpulkan sumbangan sebanyak Rp4,4 miliar untuk membangun dua SMP di Tanjung Mas, Lombok Utara dan fasilitas lainnya," tulis Akun @aniesbaswedan.



Jakarta ini bukan hanya kota, tapi kita adalah ibu kota, apa pun yang terjadi di mana pun di Indonesia, maka kita harus turut membantu sesama anak bangsa.⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣ Untuk membantu saudara-saudari kita di yang terkena bencana gempa di Lombok, Pemprov DKI telah turun tangan dari masa tanggap darurat, masa pemulihan hingga proses pembangunan kembali pasca bencana.⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣ Hari ini kami berkunjung ke Lombok Utara, untuk bersilaturahmi dengan masyarakat Lombok, Bupati Najmul Akhyar, dan Gubernur NTB Zulkieflimansyah, menyampaikan salam dan amanat dari warga Jakarta.⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣ Kini, lima bulan pasca bencana tersebut masyarakat Lombok masih berjuang untuk bangkit kembali. Pemprov DKI telah menganggarkan hibah dan bantuan keuangan kepada Pemda Lombok Timur dan Lombok Utara untuk rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana.⁣⁣⁣ Bantuan tersebut rencananya akan dimanfaatkan sebagai berikut:⁣⁣⁣ 1. Lombok Utara Rp. 19.2 M untuk membangun 16 sekolah dari jenjang TK sampai SMP.⁣⁣⁣ 2. Lombok Timur Rp. 10 M untuk membangun sanitasi lingkungan, rehabilitasi sarana pendidikan dan normalisasi jaringan air bersih.⁣⁣⁣ ⁣ Melalui Bazis DKI kita juga membangun 25 hunian sementara dan fasilitas MCK bagi warga desa Sigar Penjalin, Lombok Utara.⁣ ⁣⁣⁣ Selain itu jajaran PNS DKI yang peduli telah mengumpulkan sumbangan sebesar Rp. 4.4 M untuk membangun SMP 2 Tanjung Mas, Lombok Utara dan fasilitas pendukungnya.⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣ Insya Allah pembangunannya lancar agar cepat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat Lombok.
A post shared by Anies Baswedan (@aniesbaswedan) on

Sumber: Viva

Menanggapi ini, Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah pun berkomentar.
Sebelumnya, Jokowi pernah menyerahkan buku tabungan untuk korban gempa. Gunanya untuk rekonstruksi rumah warga. Namun hingga detik ini tidak ada hasilnya.
Baca juga :