Ahok Mentok, Penentu Pilpres Ada Pada Ma'ruf Dan Sandi


[PORTAL-ISLAM.ID] Bebasnya Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok tidak akan mempengaruhi kelompok undecided voters ataupun swing voters. Pasalnya, Ahok tidak memiliki modal untuk membawa kelompok itu masuk ke dalam pendukung Jokowi-Maruf.

Hal itu disampaikan pengamat politik, Sohibul Ansor 25 Januari 2019.

"Undecided voters, swing voters itu tidak akan ke situ lewat Ahok. Karena nggak ada sesuatu yang bisa dijanjikan Ahok untuk membawa pemilih itu ke Jokowi," kata Sohibul.

Menurutnya, meski Cawapres yang mendampingi Jokowi, yaitu Maruf Amin pernah menjadi saksi ahli yang memberatkan pada kasus penistaan agama, Ahok tetap akan berupaya membawa pendukungnya ke Jokowi.

"Jauh lebih besar untuk Ahok dan pendukungnya untuk memenangkan Jokowi ketimbang berkelahi terus dengan Pak Maruf. Makanya Ahok pun sengaja melupakan itu membujuk kawan-kawannya yang belum melupakan, paling tidak untuk sementara agar Jokowi menang," terang Sohibul.

Dia menambahkan, justru kini waktunya masing-masing Cawapres untuk menarik perhatian kelompok undecided voters dan swing voters.

Langkah-langkah yang akan diambil baik Sandiago Uno ataupun Maruf Amin lebih menentukan ketimbang Ahok yang juga sudah memiliki pendukung.

"Jokowi itu udah stuck, Prabowo sudah stuck dalam arti kata pemilihnya sudah yang itu-itu juga, yang paling menentukan sekarang adalah Maruf dan Sandi. Maruf dapat mengkondisikan barisan NU dan Islam nusantara sementara Sandi berkunjung ke daerah-daerah dengan cara-cara yang yang tidak protokol untuk merangkul swing voters," tutup Sohibul.

Sumber: RMOL