Kardus Sekuat Alumunium, Jadilah "KPU Airlines"


[PORTAL-ISLAM.ID]  Sindiran dan kritikan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang ngotot mempertahankan kardus sebagai kotak suara masih menjadi trending topic, juga masih jadi olok-olok warganet. Netizen tak hanya membandingkan kardus dengan kaleng krupuk. Tetapi ada juga yang membuat meme pesawat menggunakan kardus.

Akun @MichelaniaAdam yang mengunggah pesawat dari kardus itu ke media sosial twitter. Di meme itu, ia benar-benar menyindir KPU. "KPU Airlines. Baru. Ternyata kardus sama kuat dengan aluminium," tulis dia menohok.
Meme ini sengaja dibuat untuk menyindir KPU yang beranggapan kardus sama kuat dengan alumunium.

KPU tak bergeming. Arief Budiman Cs tak memperdulikan berbagai sindiran dan kritikan yang ditujukan kepada KPU. KPU jalan terus.

Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi menjelaskan kenapa KPU tetap ngotot mem­pertahankan kardus sebagai kotak suara di pemilu nanti.

Pramono menerangkan, ide itu bermula dari penjelasan Pasal 341 UU Nomor 7/2017 tentang Pemilu yang mengamanatkan kotak suara harus transparan. KPU diberikan mandat untuk mengatur bentuk, ukuran, dan spesifikasi teknis kotak suara.

Setelah mempertimbangkan berbagai alter­natif bahan, KPU mengusulkan penggunaan bahan duplex atau karton kedap air serta transparan satu sisi. Bahan ini berbeda dengan kardus mi instan atau air kemasan.

Usulan KPU kemudian dituangkan da­lam draf PKPU dan dibawa dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi II DPR-Pemerintah pada Maret 2018. Semua fraksi menyetujui usulan KPU dan draf diajukan ke Kemenkumham.

Draf inilah yang menjadi PKPU Nomor 15/2018 tentang 'norma, standar, prosedur, kebutuhan pengadaan, dan pendistribusian perlengkapan penyelenggaraan pemilihan umum'.

Kendati KPU sudah menjelaskan panjang lebar kenapa memilih kardus jadi kotak suar, warganet tetap memberikan komentar negatif dan kritikannya.

"Sekalian aja pake bèsèk anyaman bambu. Go green dan murah. Kontraktornya rakyat di pedesaan," cuit @budiras.

"@KPU_ID sudah memakai temuan brilian bangsa Indonesia yaitu kardus yang sekuat alumunium," cuit @ajenar.

"Ada pesawat kepresidenan... Ada juga pesawat keKPUan...," cuit @Frijnoff_Suylad.

"Ini KPU AIRLINES.. BUKAN KARDUS-KARDUS..," cuit @BrSatoci.

"Pesawat reguler nanti pakai bahan itu. Siapa mau naik silakan. Gue mending jalan kaki," cuit @44GKcustom.

Sumber: RMOL
Loading...