TERCYDUK! Ternyata Jokowi BOHONG Soal Rem Sepeda Onthel


[PORTAL-ISLAM.ID] Jokowi menunggangi sepeda ontel saat memperingati Hari Pahlawan di Bandung. Jokowi mengaku grogi karena sepeda klasik tersebut tidak dilengkapi rem. Benarkah?

"Jadi tadi saya agak groginya di situ, remnya enggak ada. Kalau jalannya ada turunnya tajam, saya tubrukkan trotoar kali supaya berhenti," ucap Jokowi kepada wartawan, Sabtu 10 November 2018.

Sepeda ontel yang ditunggangi mantan Gubernur DKI Jakarta itu merupakan jenis Black Dames tahun 1940-an. Sang pemilik sepeda, Wahab Romli mengungkapkan sepeda miliknya dilengkapi rem.

"Kebetulan yang menyerahkan (sepeda) saya sendiri. Sudah saya jelaskan soal sistem pengereman langsung ke pak Jokowi. Beliau paham dan langsung dicoba," kata Wahab saat dihubungi via telepon genggam, Senin 12 Novembef 2018.

Dia menuturkan sistem pengereman sepeda ontel miliknya berbeda dari kebanyakan. Sepeda ontel miliknya menggunakan sistem coaster brake atau lazim dikenal torpedo.

"Jadi memang gak ada rem tangan. Tapi sistem pengeremannya torpedo. Cara ngeremnya pedal sepeda diayunkan ke belakang," jelas Ketua Paguyuban Sepeda Baheula Bandung ini.

Warganet pun berkomentar.