Tak Jadi Luncur Bulan Oktober, Ma'ruf Amin: Produksi Mobil Esemka Bisa Saja Diundur atau Batal


[PORTAL-ISLAM.ID] Calon wakil presiden RI nomor urut 01, KH. Ma’ruf Amin mengklarifikasi ucapannya terkait peluncuran mobil nasional Esemka yang disebutnya akan diluncurkan pada Oktober 2018 namun ternyata sampai sekarang belum diluncurkan.

“(Soal Esemka) itu terserah yang punya mobil,” kata Ma'ruf Amin pada wartawan usai menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di kediaman salah satu tokoh ulama Depok, Habib Abu Bakar bin Hassan Al Attas, Minggu, 4 November 2018.

Ma’ruf pun mengatakan, produksi massal mobil tersebut bisa saja diundur atau justru sebaliknya dibatalkan. “Ya kita lihat saja, itukan bisa diundur, bisa dibatalkan, tergantung pabrikannya lah,” katanya singkat, seperti dilansir VIVA.

Seperti ramai diberitakan, Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyebut mobil Esemka yang pernah dirintis Joko Widodo atau Jokowi akan diluncurkan pada Oktober mendatang.

"Bulan Oktober nanti akan diluncurkan mobil nasional bernama Esemka, yang dulu pernah dirintis oleh Pak Jokowi. Akan diproduksi besar-besaran," kata Ma'ruf Amin di Pondok Pesantren Nurul Islam (Nuris), Jember, Kamis, 27 September 2018.

Pernyataan tersebut dilontarkan Ma'ruf Amin ketika memberikan tausiah di hadapan ratusan santri dan ulama Nahdlatul Ulama. "Nanti ke depan ada harapan tumbuh mobil nasional Nuris jadi tidak mustahil. Semua usaha juga dimulai dari kecil," katanya disambut tepuk tangan meriah ratusan orang yang hadir dalam acara silaturahmi itu.

Link: https://otomotif.tempo.co/read/1131299/maruf-amin-sebut-mobil-esemka-akan-diluncurkan-oktober

***

BULAN OKTOBER pun sudah berakhir berganti November, dan apa yang pernah disampaikan Ma'ruf Amin ternyata tak terjadi.