Pendaftar Rumah DP 0 Membludak, Anies: Ini Menunjukkan Program DP 0 Memang Solusi Bagi Warga


[PORTAL-ISLAM.ID] JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan banyaknya warga yang mendaftar program rumah DP 0 rupiah 'Samawa' menunjukkan warga Jakarta mampu untuk mencicil rumah dengan skema cicilan yang telah ditetapkan.

Dari data Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman hingga Jumat (9/11/2018) lalu jumlah pendaftar program rumah DP 0 rupiah sudah mencapai 1.859 orang.

"Ini menunjukkan memang ada kebutuhan," kata Anies di kawasan Senayan, Minggu (11/11/2018), seperti dikutip CNNIndonesia.

Anies menuturkan dengan ditiadakannya uang muka atau DP terbukti membantu atau mempermudah masyarakat untuk mendapatkan hunian.

"Masyarakat banyak sekali yang mampu menyicil bulanan tetapi kesulitan menabung menyiapkan uang DP. Jadi ketika DP ditiadakan terasa sebagai solusi," tuturnya.

Sebelumnya, Anies mengaku bangga usai Presiden Joko Widodo juga mencanangkan program rumah DP nol rupiah bagi aparatur sipil negara (ASN), TNI, dan Polri. Menurutnya ini jawaban bagi pihak yang selama ini mengkritik program kampanye Anies-Sandi tersebut.

"Alhamdulillah, artinya itu membuktikan pendekatan memang bisa dilakukan. Dulu kan banyak kritik bahwa ini tidak mungkin ada dp nol, nah ini nyatanya mungkin," ujar Anies saat ditemui di Pecenongan, Jakarta Pusat, Jumat (9/11).

Pemprov DKI Jakarta diketahui telah mengeluarkan skema cicilan pembayaran Program Rumah DP Nol Rupiah 'Samawa' untuk Rusunami Klapa Village.

Jangka waktu cicilan yang disiapkan mulai dari 10 tahun hingga 20 tahun. Skema cicilan tersebut dibuat oleh Bank DKI selaku pemberi pinjaman.

"Paling ringan cicilan Rp1,1 juta per bulan," kata Kepala Unit Pengelola Teknis (UPT) Fasilitasi Pemilik Rumah Sejahtera Dzikran Kurniawan saat dihubungi, Rabu (7/11).

Pendaftaran untuk pembelian rusunami dengan program DP nol rupiah tersebut telah dibuka sejak 1 November hingga 20 November mendatang di kantor-kantor wali kota. Loket pendaftaran dibuka mulai pukul 09.00-14.00 WIB.

[Video - Daftar Rumah DP 0 Rupiah, Warga Sangat Berbahagia]
Baca juga :