INNALILLAHI! Penyelam Tewas Saat Cari Korban JT610, Begini Kronologinya


[PORTAL-ISLAM.ID]  Seorang anggota tim penyelam Indonesia Diving Rescue Team atau IDRT meninggal dunia saat melakukan proses evakuasi korban Lion Air JT610 yang jatuh di perairan Karawang Jumat, 2 November kemarin.

Dansatgas SAR, Kolonel Laut (P) Isswarto, membenarkan kejadian tersebut. Dia mengatakan, kecelakaan terjadi sekitar Pukul 16.30 WIB.

"Korban dari sipil, penyelam Basarnas, di bawah Basarnas, bukan kita," kata Isswarto, Sabtu 3 November 2018.

Isswarto menegaskan, pihaknya telah mengakhiri proses penyelaman untuk mencari korban Lion Air jatuh pada pukul 16.00 WIB. Dia pun heran mengapa masih ada tim yang berada di bawah air pada pukul 16.30 WIB.

"Sore jam setengah lima (kecelakaan terjadi). Kita tutup jam 4 karena cuaca gelap, saya close. Tapi kok masih ada yang menyelam," terang dia. Jenazah korban telah dievakuasi sejak kemarin.

Leader Indonesia Rescue Diver Team, Bayu Wardoyo, mengatakan bahwa korban yang bernama Syahrul Anto.meninggal pada Jumat malam.

"Iya benar. (Korban) dibawa sekitar pukul 21.30 WIB ke Dermaga JICT 1 pakai kapal Pertamina Victory. Karena fasilitas victory-kan lengkap. Kemarin, daripada makan waktu kita pakai victory ke JICT," katanya di JICT 2, Jakarta, Sabtu 3 November 2018.

Bayu menjelaskan, meninggalnya korban diketahui saat tengah melakukan penyelaman, namun begitu, dia mengaku belum mengetahui kronologi secara rinci penyebab meninggalnya korban. Sebab perlu investigasi lebih lanjut.

"Posisinya yang saya tahu lagi menyelam, tapi pastinya saya belum bisa kasih tahu karena kita kan perlu investigasi," ungkap dia.

Berdasarkan informasi, Syahrul Yanto, korban kecelakaan tenggelam saat tengah mengevakuasi korban Lion Air JT 610. Korban dibawa oleh Tim Basarnas ke RSUD Koja, Jakarta Utara sekira pukul 22.10 WIB.

Saat dibawah ke RSUD Koja, korban dalam keadaan tidak sadar, tidak ada denyut nadi dan tidak ada nafas. Dokter jaga IGD kemudian memeriksa korban dan sekitar pukul 22.30 WIB, korban dinyatakan telah meninggal dunia.

Sumber: Liputan6 dan Viva
Baca juga :