Relawan Tanyakan Survei Jokowi-Maruf, Ini Jawaban Sandi


[PORTAL-ISLAM.ID]  Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Sandiaga Salahuddin Uno mengaku mendapat pertanyaan dari relawan tentang hasil survei yang mengunggulkan pasangan Jokowi-Ma'ruf. Menjawab pertanyaan itu, Sandi menyatakan, lebih mempercayai survei internal.

Sandi tidak khawatir dengan sejumlah hasil survei yang mengunggulkan Jokowi-Ma'ruf. Dia lebih memercayai hasil lembaga survei internal dengan tingkat akurasi yang tinggi.

"Banyak relawan kan (tanya), 'Bang gimana ini survei?'. Tapi saya bilang saya pengalaman di DKI kemarin, seluruh survei tidak ada yang menyatakan (unggul), (tapi) hasilnya seperti itu (menang)," kata Sandi di Jakarta, Kamis 18 Oktober 2018.

Dia menjelaskan, survei yang dilakukan tim internalnya melibatkan jutaan responden dari seluruh Indonesia.

"Kita memakai data internal, data tersebut sedikit sekali melesetnya," ujar dia.

Diketahui, survei SMRC menempatkan Jokowi-Ma'ruf unggul dengan 60,4 persen, unggul jauh dari Prabowo-Sandi yakni 29,8 persen.

Survei yang dilakukan LSI Denny JA menunjukkan elektabilitas Jokowi-Ma'ruf 52,2 persen, sementara Prabowo-Sandi 29,5 persen. Sedangkan, survei Indikator dengan hasil Jokowi-Maruf 57,7 persen, serta Prabowo-Sandi 32,3 persen.

Sumber: TeropongSenayan