Polisi Turki Temukan Bukti Pembunuhan Jurnalis Khashoggi di Konsulat Saudi


[PORTAL-ISLAM.ID] ISTANBUL - Polisi Turki menemukan bukti di konsulat Saudi di Istanbul bahwa kolumnis Washington Post yang hilang Jamal Khashoggi tewas di sana, kata seorang pejabat Turki kepada Associated Press pada hari Selasa (16/10/2018).

Pejabat itu tidak memberikan rincian tentang bukti yang ditemukan.

Sementara itu, konsul Arab Saudi di Istanbul telah meninggalkan Turki dan kembali ke negaranya, ketika para penyidik ​​bersiap untuk mencari tempat tinggalnya.

Khashoggi belum terlihat sejak memasuki konsulat Saudi untuk mendapatkan beberapa dokumen pada 2 Oktober lalu. Para pejabat Turki mengatakan mereka khawatir Khashoggi dibunuh dan dipotong-potong (mutilasi) di dalam konsulat.

Tim penyidik ​​Turki serta jaksa Turki telah melakukan pencarian sembilan jam di tempat misi diplomatik yang berakhir Selasa pagi. Spesialis dari unit-unit investigasi anti-teror dan kejahatan dari Direktorat Keamanan Provinsi Istanbul dimasukkan dalam tim.

Mereka mengambil sampel, termasuk tanah dari taman konsulat yang dimuat ke dalam van, kata seorang pejabat di tempat kejadian.

Para pejabat Saudi sebelumnya telah membantah terlibat dalam insiden itu, mengklaim bahwa lelaki berusia 58 tahun itu menghilang setelah ia meninggalkan konsulat, tetapi laporan di media AS pada Selasa mengatakan kerajaan itu mungkin mengakui penulis itu tewas di sana selama interogasi yang gagal. (Daily Sabah)