Pernyataan Sikap MUI Sumbar Terhadap Tindakan KH. Ma’ruf Amin


PERNYATAAN SIKAP
MUI SUMATERA BARAT DAN MUI KAB/KOTA SE-SUMATERA BARAT

Berdasarkan keputusan Rapat Koordinasi Dewan Pimpinan Harian MUI Sumatera Barat bersama MUI Kabupaten/Kota Se-Sumatera Barat pada hari Rabu, Tanggal 3 Oktober 2018 di Padang,
maka bersama ini kami nyatakan bahwa apapun sikap dan tindakan yang dilakukan oleh KH. Ma’ruf Amin ke depan yang berdampak buruk kepada wibawa majelis dan marwah ulama, adalah tanggung jawab pribadi yang bersangkutan kepada Allah SWT dan umat Islam, dan tidak membebani Majelis Ulama sedikitpun.

Sikap ini bercermin kepada sikap Rasulullah SAW ketika tidak menyetujui tindakan Khalid Ibn al- Walid saat diutus ke Bani Jadzimah.

Beliau menadahkan tangan berdo’a:

اللهم اني ابرأ اليك مما صنع خالد 

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlepas diri kepada-Mu dari apa yang diperbuat oleh Khalid” (H.R. al-Bukhari dari Ibnu Umar).

Demikian pernyataan ini dibuat untuk dapat dipahami oleh umat.

Ini kami sampaikan setelah dua kali kami layangkan surat ke MUI Pusat agar Kyai Ma’ruf Amin mundur dari jabatan Ketum MUI karena bisa menyeret MUI ke ranah politik praktis dan juga bisa merusak wibawa majelis serta marwah ulama.

Kenyataannya, sikap demi sikap dan pernyataan demi pernyataan yang beliau kemukakan, memang menunjukkan apa yang kami khawatirkan.

Semoga dengan keputusan ini, umat Islam Indonesi pada umumnya dan umat Islam di Ranah Minang pada khususnya, bisa mengetahui bahwa kami MUI Sumbar dan MUI Kab/Kota Se-Sumbar, tidak menyetujui berbagai sikap dan pernyataan yang akhir-akhir ini muncul dari Kyai Ma’ruf Amin tersebut.

Semoga Allah swt senantiasa mencurahkan rahmat-Nya yang maha luas kepada umat Islam di negeri ini. Aamiiin.

Wallahu al-Musta’an.

Ketua Umum MUI Sumatera Barat

(Buya Gusrizal Gazahar)


PERNYATAAN SIKAP MUI SUMATERA BARAT DAN MUI KAB/KOTA SE-SUMATERA BARAT Berdasarkan keputusan Rapat Koordinasi Dewan...
Dikirim oleh Buya Gusrizal Gazahar pada Rabu, 10 Oktober 2018