Pangeran Salman Tidak Punya Tempat Untuk Bersembunyi!



Pangeran Salman Tidak Punya Tempat Untuk Bersembunyi!

Oleh: Kemal Öztürk
(Kolumnis YeniSafak)

Pembunuhan Jamal Khashoggi langsung mengarah ke Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman. Bukti yang menunjukkan bahwa pengawalnya sendiri adalah bagian dari operasi dan eksekusi Khashoggi tidak dapat disangkal.

Percakapan polisi/tentara (pengawal Pangeran Salman) yang melaksanakan eksekusi ini dan mendapat perintah langsung dari pangeran direkam dan di tangan otoritas Turki. Kami juga dapat mengklaim bahwa rekaman video orang yang masuk ke konsulat dan rekaman suara mungkin bukan satu-satunya bukti kuat yang dimiliki Turki. Mungkin ada bukti kuat lainnya.

Kemarahan terhadap Pangeran Salman sedang muncul

Dengan pembunuhan ini, kemarahan terhadap Pangeran Salman perlahan muncul ke permukaan. Karena dia telah melakukan banyak hal yang mengerikan baik di dalam maupun di luar negeri, maka dia tidak memiliki teman lagi.

Penjara Saudi dipenuhi dengan anggota keluarga kerajaan, dengan orang-orang yang tidak mematuhi Ben Salman, dan dengan mereka yang dengan lemah-lembut mengkritiknya. Termasuk para imam Masjidil Haram. Ia memaksa dan mengancam semua orang untuk mematuhinya dan membuat pernyataan untuk tujuan ini.

Oleh karena itu, keluarga Khashoggi juga dipaksa untuk membuat pernyataan melawan masalah setelah mereka menerima ancaman. Melampaui ruang lingkup dari ketakutan, kami memiliki tatanan mafia yang kejam di Arab Saudi. Itulah mengapa orang-orang yang tinggal di sana juga berjuang untuk pembunuhan Khashoggi agar dipecahkan, menemukan orang yang bersalah dan secara alami menggulingkan Pangeran Salman. Karena kondisi yang sulit, mereka mungkin hanya berdoa pada saat ini, tetapi ada lingkungan yang tegang di sana sehingga bahkan insiden kecil pun bisa mengarah pada sesuatu yang besar.

Ada gejolak besar di dunia Arab juga. Selain negara-negara seperti Mesir, Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain, yang telah menerima untuk menjadi negara satelit tanpa reservasi, ada negara-negara Arab lain yang membenci kebijakan baru-baru ini dari Saudi dan mencari jalan keluar.

Tidak ada yang menghormati raja Saudi dan keluarganya, yang dipermalukan oleh Trump di bawah mata publik, lebih lama lagi. Mereka diam karena mereka belum mengkonsolidasikan kekuatan yang mereka butuhkan. Mereka juga percaya / dan berharap bahwa setelah pembunuhan ini mungkin ada perpisahan dan bahwa semua keseimbangan dapat bergeser.

Eropa dan AS fokus pada pembunuhan itu

Negara-negara Eropa yang tidak nyaman dengan konspirasi yang dibentuk oleh Trump, Netanyahu, Salman dan Zayed UEA juga mengalihkan perhatian mereka ke kasus pembunuhan ini. Kita dapat melihat bahwa Inggris melampaui ini dan sebenarnya di lapangan. Mereka siap bekerja sama untuk mendukung teori Turki. Demikian juga, Jerman dan juga Perancis akan ingin melampaui ketika domino mulai jatuh dan pembunuhan ini mengarah ke terutama Pangeran Salman dan kemudian ke Trump.

Jangan berharap apa pun seperti Trump mengambil tindakan terhadap Pangeran Salman, yang dianggapnya sebagai rampasan perangnya yang paling berharga. Mengapa dia mengorbankan tahanan perang seperti itu untuk seorang kolumnis, sementara dia mengumpulkan uang kepada Trump sepanjang waktu? Kebebasan berpikir, hak asasi manusia, dan moralitas: Trump tidak peduli dengan semua ini.

Namun, dalam partai Republik, Senator Lindsey Graham membuat pernyataan kasar tentang masalah ini. Jika pembunuhan terbukti, ini tidak hanya akan menghancurkan hubungan Saudi-AS tetapi juga banyak orang lain di komunitas internasional. Senator ini bukan salah satu senator anti-Trump. Sebaliknya, ia baru-baru ini menjadi sangat populer untuk menyingkirkan Trump. Dua puluh dua senator lain yang mendukung Graham menulis petisi kepada Trump dan menuntut penyelidikan khusus atas pembunuhan Khashoggi.

AS mungkin mencari cara untuk keluar dari masalah ini sebelum terjadi sesuatu pada Pangeran Salman atau raja. Itulah sebabnya mereka mungkin mencoba menyerahkan tim eksekusi dan jenderal konsuler membantu mereka lolos. Tapi itu tidak semudah itu. Saya pikir mereka tidak pernah bisa mencegah kemarahan terhadap Pangeran Salman.

Turki memiliki peran yang mengubah permainan

Pangeran Salman, yang semua orang bicarakan dengan penuh amarah, tidak memiliki tempat untuk bersembunyi setelah pembunuhan ini. Ada laporan yang mengatakan bahwa dia tetap berada di laut terbuka di sebuah kapal pesiar.

Di mana pun ia tinggal, ia sudah memiliki darah anak-anak yang tewas selama pengepungan di Yaman, dari orang-orang sipil yang tewas di Suriah, dari Ikhwan di Mesir, dari oposisi di negaranya, dan terakhir Jamal Khashoggi di tangannya. Tidak masalah jika dia berpikir bahwa dia adalah pembunuh profesional, dia tidak pernah bisa mencuci darah dari tangannya.

Terakhir, mari kita akhiri dengan mengatakan bahwa Turki, dengan otoritas politik, intelijen, diplomasi, dan tim komunikasinya, persis dalam peran yang mengubah permainan saat ini. Ini akan membawa keberhasilan.

Sumber: https://www.yenisafak.com/en/columns/kemalozturk/prince-salman-has-nowhere-to-hide-2046685