BENARKAH Indonesia Negara Paling Bahagia? Menurut PBB Peringkat 96 dari 156 Negara


[PORTAL-ISLAM.ID] Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan sambutan di Tri Hita Karana Forum, Sofitel Nusa Dua, Bali, dalam rangkaian Annual Meetings IMF - World Bank, Kamis (11/10/2018).

Dalam pidato sambutannya, Jokowi membanggakan indeks kebahagiaan Indonesia.

"[...] Kita mungkin bukan yang paling maju. Tapi ternyata kita adalah salah satu orang paling bahagia di dunia," ujarnya.

"Jika yang Anda cari adalah kebahagiaan, maka Anda datang ke tempat [Indonesia] yang tepat," kata Jokowi.

Demikian dilansir CNBCIndonesia.

Link: https://www.cnbcindonesia.com/news/20181011154934-4-36998/jokowi-ri-bukan-negara-yang-paling-maju-tapi-paling-bahagia

***

Benarkah pernyataan Jokowi?

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) merilis Laporan Kebahagian Dunia 2018.

Ternyata... Indonesia tahun 2018 ini berada di peringkat 96 dari 156 negara.


Indonesia mencatat penurunan yang cukup besar dibanding dengan Laporan Kebahagiaan Dunia 2017, dari peringkat 81 kini duduk di peringkat 96.

Jika dibandingan dengan negara-negara ASEAN, Indonesia ternyata jauh kurang bahagia dibanding Singapura yang duduk di peringkat 34 dengan Malaysia di bawahnya persis pada peringkat 35.

Thailand, Filipina, dan Vietnam juga 'lebih bahagia' dibanding Indonesia namun Kamboja, Laos, Myanmar berada di bawah Indonesia sedang Brunei tidak termasuk dalam survei PBB ini.

Sementara tiga peringkat atas negara paling bahagia diduduki oleh Finlandia, Norwegia, dan Denmark dengan daftar 10 besar teratas tetap sama dengan tahun sebelumnya walau ada perubahan peringkat di antara sesama mereka.

Laporan PBB ini antara lain didasarkan Data yang dikaji antara lain termasuk kekuatan ekonomi (berdasarkan PDB per kapita), dukungan sosial, tingkat harapan hidup, kebebasan untuk memilih, kemurahan hati, dan juga persepsi tentang korupsi.

Peringkat negara ASEAN:
Singapura - 34
Malaysia - 35
Thailand - 46
Filipina - 71
Vietnam - 95
Indonesia - 96
Laos - 110
Kamboja - 120
Myanmar - 130
*Brunei Darussalam tidak masuk dalam survei

Sumber: https://www.bbc.com/indonesia/majalah-43422986

LALU Data darimana pernyataan Jokowi?

Ternyata Berdasarkan polling yang dikeluarkan Gallup, sebuah perusahaan riset AS pada awal tahun ini, disebutkan bahwa Indonesia menjadi satu dari 8 negara yang paling bahagia di dunia.

Indeks Bahagia dari Gallup sangat sederhana, dengan cara polling yang diikuti 100 orang dengan 3 opsi pilihan: Bahagia, Tidak Bahagia, Netral.

Peringkat (Net Happiness) ditentukan oleh jumlah yang memilih Bahagia (Happy) dikurangi jumlah yang memilih Tidak Bahagia (Unhappy).

Berbeda dengan Laporan PBB yang didasarkan pada aspek-aspek obyektif: Kekuatan ekonomi (berdasarkan PDB per kapita), dukungan sosial, tingkat harapan hidup, kebebasan untuk memilih, kemurahan hati, dan juga persepsi tentang korupsi.

Link: http://www.gallup-international.com/wp-content/uploads/2017/12/2017_Happiness_Hope_Economic-Optimism.pdf