Survei: Sandiaga Uno lebih populer dibanding Ma'ruf Amin


[PORTAL-ISLAM.ID] Lembaga survei Alvara Research Center merilis hasil survei terkait tingkat popularitas bakal calon wakil presiden (cawapres) KH Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno di Pilpres 2019. Dari tingkat popularitas, Sandiaga Uno lebih unggul dibandingkan Ma'ruf Amin.

"Untuk cawapres, Sandiaga Uno sedikit lebih populer 90,3 persen dibandingkan dengan KH Maruf Amin 86,5 persen," ujar CEO Alvara Research Center Hasanuddin Ali.

Ma'ruf Amin yang merupakan Rais Aam PBNU yang juga Ketua Umum MUI dipersepsikan sebagai tokoh yang religius. Sementara, Sandiaga Uno dipersepsikan sebagai tokoh muda dan komunikatif.

"Dari sisi citra Capres dan Cawapres, masing-masing capres dan cawapres memiliki citra dan dan diferensiasi yang kuat. Selanjutnya, jika KH Maruf Amin dipersepsikan religius atau agamis dan jujur dan Sandiaga Uno dipersepsikan sebagai tokoh muda dan komunikatif," jelas Hasanuddin.

Survei ini digelar pada 12 hingga 18 Agustus 2018. Riset ini menggunakan metode multi-stage random sampling dengan melibatkan 1.500 responden berusia 17 tahun ke atas.

Sampel diambil di seluruh Provinsi di Indonesia, dengan jumlah sampel tiap provinsi proporsional terhadap jumlah penduduk. Rentan margin of error sebesar 2,53 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Sumber: Liputan6.com