Salah 1 Prestasi Prabowo yang Diakui Dunia Internasional, JANGAN BAPER...


[PORTAL-ISLAM.ID]  Letnan Jenderal (Purn.) H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo. Perwira militer kelahiran Jakarta, 17 Oktober 1951.

Prabowo merupakan putra ekonom Soemitro Djojohadikusumo. Masa kecilnya banyak dilewatkan di luar negeri, dan ia pulang ke Indonesia untuk masuk Akademi Militer di Magelang. Setamatnya dari sana ia mendaki jenjang karir di TNI Angkatan Darat, bertugas pada operasi-operasi militer di Timor Timur. Karirnya melejit di Komando Pasukan Khusus, dimana ia memimpin Detasemen Penanggulangan Teror dan kemudian sebagai komandan jenderal, memimpin operasi pembebasan sandera di Mapenduma.

Keberhasilan Prabowo memimpin Kopassus dalam operasi pembebasan sandera di Mapenduma ini salah satu prestasi yang diakui dunia internasional, termasuk oleh Sekjen PBB saat itu, Boutros Boutros-Ghali.

Peristiwa berawal pada Senin 8 Januari 1996 menjadi mimpi buruk untuk 12 peneliti Tim Lorentz yang sedang mengumpulkan data di Mapenduma, Papua. Ratusan anggota Gerakan Pengacau Keamanan Organisasi Papua Merdeka (GPK-OPM) pimpinan Daniel Yudas Kogoya menculik mereka dari base camp.

Komandan OPM Kelly Kwalik berusaha menukar 12 sandera itu dengan kemerdekaan Papua. Karena melibatkan warga negara asing, peristiwa ini jadi sorotan internasional. Selama dalam penyanderaan, para sandera digiring blusukan ke belantara Papua. Mereka tak mendapat cukup makanan, sehingga beberapa orang sakit.

[Simak liputan media saat itu]