Riset SNA: Prabowo-Sandi Unggul Telak 82%, Jokowi-Maruf 18%


Oleh: Ismail Fahmi, PhD
(Social Network Analys)

Polling Najwa 27:73, Drone Emprit 18:82

Najwa Shihab membuat polling di FB untuk paslon yang akan dipilih jika pilpres diadakan sekarang. Satu jam sebelum ditutup, hasil sementara adalah 27% untuk paslon Jokowi- Amin, dan 73% untuk Prabowo-Sandi. Saya vote buat paslon pertama karena dapat lebih sedikit.

Nah, bagaimana data Drone Emprit? Apakah bisa mengkonfirmasi hasil tersebut?

DATA

Drone Emprit membuat dua project monitoring. Settingnya memastikan percakapan yang menyangkut pasangan yg akan ditangkap. Percakapan tentang nama masing-masing tidak akan masuk.

Pertama untuk Jokowi-Amin, menggunakan keyword "jokowi atau jokowiamin", dan harus mengandung kata kunci maruf, amin, atau jokowiamin.

Project kedua untuk Prabowo-Sandi, dengan keyword "prabowo atau prabowosandi", dan harus mengandung kata kunci sandi, sandiaga, atau prabowosandi.

VOLUME DAN TREN

Kita ambil data seminggu terakhir. Jumlah meliputi percakapan yang ada di berbagai kanal yang dimonitor DE yaitu News (N), Facebook (F), Instagram (I), Twitter (T) dan YouTube (Y) adalah sbb:

1. Jokowi - Amin: 9.016 (N) 1.413 (F) 3.215 (I) 62.627 (T) 104 (Y), total 76.375
2. Prabowo - Sandi: 6.767 (N) 2.412 (F) 8.142 (I) 328.018 (T) 283 (Y), total 345.622

Hasilnya, untuk project Jokowi-Amin total 76k mention, sedangkan Prabowo-Sandi total 345k mention. Ini equivalent dengan 18% untuk paslon pertama dan 82% untuk paslon kedua.

Grafik tren juga konsisten menunjukkan bahwa Prabowo-Sandi selalu di atas Jokowi-Amin dalam hal jumlah percakapan tiap hari.

ANALISIS

Polling yang dilakukan Najwa itu khusus untuk user di Facebook. Hasilnya 27:73 untuk paslon Prabowo-Sandi. Sedangkan Drone Emprit lebih komprehensif kanalnya, bukan hanya FB. Hasilnya 18:82 untuk paslon Prabowo-Sandi.

Perbedaan angka sebesar 5 poin antara hasil Najwa dan DE tidak mengubah kecenderungan bahwa prosentase untuk Prabowo-Sandi jauh lebih besar dibanding Jokowi-Amin.

Kalau dilihat tren per kanal, tampak bahwa hanya di kanal News saja paslon Jokowi-Amin berjaya. Media online lebih banyak memberitakan Jokowi-Amin dari pada Prabowo-Sandi.

Dan per hari ini, sehari setelah penentuan nomor urut, paslon Jokowi-Amin mulai berjaya di kanal Instagram. Pembuatan materi kampanye dalam bentuk meme yang kreatif telah menjadi salah satu strategi utama, dan Instagram menjadi andalan.

KESIMPULAN

Dapat disimpulkan bahwa hasil DE sejalan dengan hasil Najwa. DE mengkonfirmasi hasil polling Najwa, bahwa di antara pengguna medsos jika diadakan pemilihan, mereka lebih memilih paslon Prabowo-Sandi.

Jokowi-Amin berjaya di media online. Pemberitaan tentang mereka lebih banyak porsinya dibanding untuk Prabowo-Sandi. Namun di semua kanal media sosial, Prabowo-Sandi berjaya.

CLOSING

Drone Emprit akan terus memonitor perkembangan kedua paslon ini. Dan akan melaporkan hasil analisisnya. Semoga bisa digunakan oleh kedua kubu untuk bahan evaluasi, dan buat publik untuk memahami pertandingan melalui kacamata big data.

(22 September 2018)


Sumber: fb penulis