Ibu Negara Turki Emine Erdogan Menerima Penghargaan Internasional Kemanusiaan Award


[PORTAL-ISLAM.ID] LONDON - Ibu Negara Turki Emine Erdoğan menerima penghargaan layanan kemanusiaan di Forum Donor Global di London, Selasa (11/9/2018).

Penghargaan ini diberikan atas kiprah Emine Erdogan selama ini yang aktif menyerukan, terjun langsung, dan menggalang bantuan kemanusiaan bagi mereka yang membutuhkan, terutama Rohingya, yang menarik perhatian internasional.

Emine Erdoğan adalah satu-satunya ibu negara yang menerima penghargaan bergengsi internasional yang diberikan di sebuah acara yang digelar di Mansion House London.

Dia menekankan bahwa Turki membelanjakan lebih banyak untuk bantuan kemanusiaan daripada negara lain dilihat dari pendapatan nasionalnya.

"Turki adalah donor bantuan kemanusiaan terbesar di dunia jika dibandingkan dengan pendapatan nasional bruto. Jika ada tragedi di suatu tempat di dunia, kita terpengaruh oleh itu. Kami mencoba untuk menjadi suara belas kasih di dunia kapitalis yang membuat jiwa manusia tidak sensitif. Dunia sangat membutuhkan upaya ini, terutama pada saat seperti ini," kata Emine Erdogan dalam pidatonya saat menerima pengharagaan.

Dia mengatakan bahwa penderitaan kemanusiaan di Myanmar (Rohingya) adalah salah satu penghinaan terbesar abad ini. "Saya tidak akan pernah melupakan apa yang saya lihat di sana," tambahnya yang beberapa kali mengunjungi langsung pengungsi Rohingya.

Emine Erdogan pertama pergi ke Myanmar pada tahun 2012, meskipun ancaman terhadap hidupnya, dan menarik perhatian internasional terhadap penganiayaan terhadap Rohingya. Dia memelopori kampanye bantuan untuk orang-orang minoritas Muslim.

Pada tanggal 7 September tahun lalu (2017), ibu negara Turki Emine Erdogan dan Menlu Turki Mevlüt Çavuşoğlu mengunjungi kamp pengungsi di Bangladesh bagian tenggara, tempat umat Muslim Rohingya berlindung setelah melarikan diri dari negara bagian Rakhine Myanmar.

Mereka membagikan bantuan kemanusiaan kepada para pengungsi di sebuah kamp di Cox's Bazar dekat perbatasan Myanmar.

Emine Erdogan juga menulis artikel untuk CNN International mengenai isu Rohingya pada 19 September tahun lalu dengan judul, "Dunia tidak bisa mengabaikan penderitaan Muslim Rohingya," menyoroti masalah ini di hadapan khalayak internasional.

Emine Erdoğan juga telah melakukan banyak pekerjaan filantropi (penggalangan bantuan kemanusiaan) di Turki, di bidang-bidang seperti pendidikan dan kesehatan, dan juga telah berupaya untuk komunitas cacat. Dia juga telah mengambil beberapa inisiatif untuk pengungsi.

"Turki adalah negara dermawan dengan sejarah yayasan amal yang sudah berurat akar," ujarnya dalam pidato.

Dia mengatakan bahwa Turki terus memperluas bantuan kepada jutaan pengungsi di seluruh dunia.

Dia mengatakan bahwa dia menerima penghargaan atas nama rakyat Turki.

“Saya menerima 'Penghargaan Pengakuan Layanan Kemanusiaan' ini atas nama bangsa mulia yang mewakili hati nurani umat manusia. Penerima sejati penghargaan yang berarti ini, di mana saya merasa terhormat untuk menerimanya, adalah rakyat kami, bangsa kami yang menjawab teriakan minta tolong, tidak peduli dari mana asalnya dan tanpa memandang agama, bahasa atau ras!” tegas ibu negara Turki.

Dia menyoroti kekejaman yang dilakukan terhadap orang-orang di seluruh dunia.

“Mari kita beri penghormatan kepada semua orang-orang tertindas yang teraniaya di Yaman, Suriah, Bangladesh, Gaza dan, khususnya, kepada Yerusalem kita yang paling dicintai!"

“Saya dengan rasa hormat ingin memberi penghormatan kepada separuh jiwa kami yang lain, yaitu saudara laki-laki dan perempuanku dari Pakistan, Malaysia, Bosnia, dan Sudan. ”

Emine Erdogan mengatakan Muslim dikenal karena merangkul perbedaan dan merayakan keberagaman.

“Kita bersatu dalam suka dan duka. Ketika salah satu dari kita terluka, kita semua juga merasakan sakit. Kita seperti bagian dari tubuh yang sama. Setiap jenis penderitaan di satu bagian dunia membuat kita kacau dan menghancurkan hati kita,” tambahnya, seperti yang disamapikan Rasulullah SAW.

[Ucapan Selamat dari istri Anwar Ibrahim]



[video - Humanitarian Award: Turkey's First Lady receives humanitarian award]

Sumber:
- https://www.dailysabah.com/politics/2018/09/11/firstlady-receives-humanitarian-service-award-in-london
https://www.trtworld.com/turkey/turkey-s-first-lady-receives-humanitarian-award-20152