Dana Awal Kampanye Hanya Rp2 Miliar, Sandi: Paket Hemat


[PORTAL-ISLAM.ID]  Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno melaporkan langsung dana kampanye awal pasangannya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Adapun dana awal kampanye pasangan Prabowo-Sandi sebesar Rp2 miliar. Dana tersebut berasal dari kantong pribadi Prabowo sebesar Rp1 miliar dan Sandi Rp1 miliar.

“Pak Prabowo terus menerus mengatakan paket hemat karena dia merasakan ongkos berpolitik dan berdemokrasi sangat mahal,” kata Sandi di gedung KPU, Ahad, 23 September 2018.

Meski mengutamakan sumber daya sendiri, pihaknya masih akan berusaha menggalang dana dari perorangan atau perusahaan yang sesuai dengan aturan. Terkait target dana untuk kampanye selama tujuh bulan kedepan, pihaknya masih melakukan penghitungan untuk mencapai besaran yang diinginkan.

“Lagi dihitung untuk menekan dananya. Hasil perhitungan pertama masih terlalu mahal. Saya tidak mau berspekulasi,” tutur Sandi.

Untuk menghadirkan pengelolaan dana kampanye yang transparan dan akuntabel, pihaknya mengajukan terobosan baru, yakni melakukan pelaporan tiap bulan tentang pengeluaran dan penerimaan. Selanjutnya menghadirkan audit apabila terdapat potensi kecurigaan penerimaan dana menyimpang yang tidak sesuai undang-undang, peraturan dan ketentuan.

“Ke depan harapan kami transparansi dan akuntabilitas dana kampanye semakin baik. Politik dan biaya demokrasi semakin rendah, semakin hemat,” tandasnya.

Sementara, pasangan Jokowi-Maruf juga telah melaporkan dana kampanye ke KPU. Dana awal kampanye pasangan nomor urut 01 itu, jumlahnya lima kali lipat dari Prabowo-Sandi yaitu sebesar Rp 11 miliar.

Sumber: Swamedium
Baca juga :