VIRAL Video Warga Asing USIR Rombongan DPRD Sumbar di Kep. Mentawai, Kedaulatan RI Terancam?


[PORTAL-ISLAM.ID] Sebuah video menjadi viral di media sosial. Dalam video tersebut, tampak seorang bule melarang sejumlah rombongan anggota DPRD Sumbar dan DPRD kabupaten Kepulauan Mentawai untuk memasuki dermaga di kawasan Aloyta Resort, Kabupaten Kepulauan Mentawai, beredar luas di media sosial pada Ahad, 11 Maret 2018 kemarin.

Pada video berdurasi 3:31 detik itu, terlihat pria bule bersama seorang perempuan yang sedang berada di atas kapal, mengadang kapal yang ditumpangi rombongan anggota DPRD akan berwisata ke Pulau Makakang yang berada di Kecamatan Sipora Utara tersebut.

Menurut Wakil Ketua DPRD Mentawai dari Partai Nasdem, Nikanor Saguruk yang ikut rombongan, mereka pergi ke Pulau Makakang tersebut usai Partai Nasdem mengadakan rapat sejak Jumat hingga Sabtu.

"Jadi pada hari Minggu sambil menunggu kapal Mentawai Fast untuk berangkat ke Padang, rombongan ingin berwisata dulu," katanya, Senin 12 Maret 2018.

Usai adu mulut dengan bule, Nikanor turun dari kapal dan menemui manajer resort. Karena tetap tidak dibolehkan, rombongan DPRD lalu pergi dari sana.

Menurut Nikanor, ini bukan kejadian pertama, dua hari yang lalu tamu Bappeda Mentawai juga diusir.

"Saya akan sampaikan kepada Desti (Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Mentawai) tentang persoalan ini dan akan melakukan koordinasi degan pihak Polres untuk memeriksa dokumen turis asing itu," tegasnya.

Sementara itu, Linda Mohammed yang juga ikut dalam rombongan mengatakan alasan rombongannya tidak boleh mendarat oleh pihak resortkarena sedang ada renovasi sehingga pihak resort khawatir pengunjung bisa tertusuk paku.

Berikut videonya.
 
Baca juga :