WADUH! Kepala Badan Siber: Kalau "Hoax" yang Membangun, Silakan Saja


[PORTAL-ISLAM.ID] Baru saja dilantik, Kepala Badan Siber sudah bikin kontroversi...

Kepala Badan Siber: Kalau "Hoax" yang Membangun, Silakan Saja

Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Djoko Setiadi mengatakan, lembaganya akan turut berperan untuk membasmi hoax yang banyak bertebaran di media sosial. Hal ini disampaikan Djoko usai dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (3/1/2018).

"Tentu hoax ini kita lihat, ada yang positif dan negatif. Saya imbau kepada kawan-kawan, putra-putri bangsa indonesia ini, mari sebenarnya kalau hoax itu hoax membangun ya silakan saja," kata Djoko.

"Tapi jangan terlalu memprotes lah, menjelek-jelekkan lah, ujaran-ujaran yang tidak pantas disampaikan, saya rasa pelan-pelan dikurangi," kata dia.

Apalagi di tahun politik 2018 dan 2019, Djoko memastikan BSSN akan melakukan berbagai upaya untuk mengondisikan suasana di area siber betul-betul tenang dan aman. Dengan begitu, pesta demokrasi bisa betul-betul berjalan dengan sehat, baik, dan menghasilkan pemimpin terbaik.

Djoko memastikan akan ada tindakan kepada orang-orang yang terus menyebar hoax di dunia maya. BSSN akan bekerja sama dengan lembaga terkait mulai dari Badan Intelijen Negara (BIN), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) serta Polri.

"Akan ada tindakan, jadi nanti kita ingatkan supaya berenti, tidak dilanjutkan. Tapi kalau nanti dia semakin menjadi-jadi ya nanti ada aturannya," kata dia.

Djoko meyakini, dengan diubahnya Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) menjadi BSSN, maka kinerja lembaga ini akan semakin baik. Tak hanya perubahan nama, tapi juga ada perubahan struktur dan tugas.

"Nanti kita segera beres-beres, menata semua organisasi, sehingga saya perirakan di pertengahan bulan ini sudah siap bekerja," kata dia.

Link: http://nasional.kompas.com/read/2018/01/03/12215331/kepala-badan-siber-kalau-hoax-yang-membangun-sil

***

Pernyataan ini langsung menuai reaksi di sosial media.

"Baru Kali ini ada Hoax yang membangun. Ngerik," kata @Umar_Hasibuan_.

"Maknanya, tergantung siapa yg membuat & gulirkan hoax.
Jadi skrg ada hoax Putih v Hitam ya?" komen @alvinlie21.

WADUH! Apa ini yang pernah disampaikan Prof @rockygerung bahwa ada Pusat Hoax Nasional???


Baca juga :