Tokoh NU Gus Solah Berharap Kapolri Ralat Pernyataannya dan Minta Maaf


[PORTAL-ISLAM.ID] Pernyataan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian yang menyebut ormas Islam selain Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah mau merontokkan negara, dinilai tidak tepat oleh tokoh NU KH Salahuddin Wahid atau Gus Solah.

Ormas Islam lainnya, kata Gus Solah, juga punya peran dan pengaruh untuk bangsa ini.

Sarekat Islam, ungkapnya mencontohkan, lebih dulu terjun ke dunia politik dibandingkan NU dan Muhammadiyah.

“Kalau dulu, tahun 20-an pengaruh Sarekat Islam lebih besar daripada NU. Itu termasuk organisasi yang melalui Pak Tjokroaminoto menumbuhkan kebangsaan. Tokoh Pak Tjokroaminoto itu luar biasa ditambah Agus Salim. Tidak bisa dinafikan peranan Pak Tjokro. Itu gurunya Bung Karno,” tuturnya kepada hidayatullah.com di Jakarta saat dihubungi semalam, Selasa (30/01/2017).

“Saya pikir ormas Islam lain juga banyak. Persis melalui Pak Natsir, Al Khairaat juga jasanya banyak,” tambah Pengasuh Pesantren Tebu Ireng ini.

Gus Solah berharap Tito meralat pernyataannya dan meminta maaf.

“Mudah-mudahan beliau belajar dari kesalahan ini. Dan insya Allah beliau belajar lah. Rasanya tidak ada orang yang sempurna. Orang selalu berbuat salah. Jadi sudah, kita sudah menyampaikan kritik. Saya pikir cukup lah. Tidak perlu kita perpanjang lagi,” pungkasnya.

Sumber: Hidayatullah

[video - Pidato Kapolri]

Baca juga :