Tuduhan Syafiq Reza "ISIS-IM" Dimentahkan Para Ulama Besar (Kibar Ulama)


Syafiq Reza VS Kibar Ulama

Oleh: Ustadz Farid Nu'man Hasan

Di bulan Ramadhan ini, kita dikagetkan oleh ceramah salah satu Ust Salafi, Riza Syafiq Basalamah, membuat pernyataan bahwa ISIS adalah gerakan yang lahir dari tangan IKHWANUL MUSLIMIN.

Alangkah baiknya ceramah-ceramah yang mengadu domba umat Islam, meresahkan, menyesatkan opini, mengundang kebencian, hendaknya dihilangkan. Selain itu juga bukan petunjuk dan akhlak salaf. Alangkah baik pula seorang muslim atau kelompok muslim yang memiliki kebencian kepada kelompok lain, tidak menularkan kebencian itu kepada orang lain yang tidak mengerti masalahnya.

Apa yang dikatakannya berselisih dengan kenyataan, justru Ikhwanul Muslimin dikafirkan oleh ISIS sendiri secara keseluruhannya, di 90an negara penyebarannya. Bahkan para pemimpin Ikhwanul Muslimin Iraq dibunuh-bunuhi oleh ISIS.

Selain berbeda dengan kenyataan, pernyataannya juga berbeda dengan sikap para Kibarul Ulama.

Syaikh Abdullah bin Hasan Al Qu'ud Rahimahullah: "Jangan lupakan jasa Ikhwan dan Al Banna"

Beliau adalah anggota Al Lajnah Ad Daimah, Beliau berkata:

رأي العلامة ابن قعود رحمه الله في حسن البنا
قال العلامة عبد الله بن قعود رحمه الله :
وأنا عندي أن البنا رحمه الله تعالى قام بدور أرجو الله أن يغفر له وأن يضاعف أجره ، والحقيقة أنه حرَّك الدعوة في مصر وانتشرت منه إلى غير مصر على ما له فيه من نقص لكن له السبق ، له السبق في تربية الشباب وفي تـحريك الشباب والناس
إذا ربنا أكرمهم أكثر مما كانوا فالشباب الآن أصبحوا شباب سنة أكثر من ذي قبل وشباب التزام أكثر من ذي قبل والخير فيهم أكثر مما كان في بدايات ( الإخوان ) بلا شك لكن هناك بدؤوا في وقت تكاد تكون لا شيء ، فلا ينسى للناس فضلهم .
المرجع : شريط ( وصايا للدعاة – الجزء الثاني ) للشيخ العلامة عبد الله بن حسن ابن قعود رحمه الله

Berkata Al ‘Allamah Abdullah bin Qu’ud Rahimahullah:

“Bagi saya, sesungguhnya Al Banna Rahimahullah Ta’ala telah menjalankan tugasnya, saya harap semoga Allah mengampuninya dan melipatgandakan pahala baginya.

Pada kenyataannya, dialah yang menggerakan dakwah di Mesir dan menyebarkannya ke luar Mesir di atas sesuatu yang masih ada kekurangan, tetapi dia telah mendahului. Dia telah mendahului dalam mentarbiyah para pemuda dan dalam menggerakan para pemuda dan manusia.

Rabb kita telah memuliakan mereka lebih banyak dari sebelumnya. Lalu pemuda sekarang menjadi pemuda sunah yang lebih banyak daripada sebelumnya, dan pemuda yang memiliki komitmen lebih banyak daripada sebelumnya, dan kebaikan pada mereka lebih banyak daripada permulaan masa (Al Ikhwan), tanpa diragukan lagi. Tapi mereka (Al Ikhwan) memulai pada saat hampir belum ada apa-apa, maka janganlah manusia melupakan keutamaan yang mereka miliki …” 

sumber: kaset Washaya Lid Du’ah, Juz. 2. (Mudzakarah Al Watsaiq Al Jaliyah, Hal. 53)

Syaikh Shalih Al Fauzan: "Ikhwanul Muslimin termasuk Ahlus Sunnah wal Jama'ah, dan Aqidahnya Benar."

Syaikh Shalih Al Fauzan Hafizhahullah mengomentari harakah Ikhwanul Muslimin:

"Ikhwanul Muslimin -alhamdulillah- mereka adalah termasuk jamaah kaum muslimin, tetapi mereka memiliki hal-hal yang berselisihan, tetapi itu tidaklah mengeluarkan mereka dari lingkup "muslimin" dan Ahlus Sunnah wal Jama'ah. Mereka memang ada kesalahan, tetapi tidaklah mengeluarkan mereka dari Ahlus Sunnah wal Jama'ah, dan aqidah mereka shahihah."

(Lihat dan dengarkan video berikut, detik 57 s.d selesai. Mohon maaf masih berbahasa Arab)
https://www.youtube.com/watch?v=GnkjTaDVypg

Fatwa Syaikh Abdul Aziz bin Baaz: Ikhwanul Muslimin, Salafiyyun, Ansharus Sunnah, semuanya adalah Firqah Najiyyah/kelompok yang selamat

Beliau Rahimahullah berkata:

الذي يقول بأن الجماعات الإسلامية من الفرق التي أمر
النبي صلى الله عليه وسلم باعتزالها هل فهمه غير صحيح؟
س 7: إذا يا شيخنا الكريم ، الذي يقول: بأن هذه الجماعات الإسلامية من الفرق التي تدعو إلى جهنم والتي أمر النبي باعتزالها فهمه على كلامكم غير صحيح؟
ج 7: الذي يدعو إلى كتاب الله وسنة رسوله صلى الله عليه وسلم ليس من الفرق الضالة ، بل هو من الفرق الناجية المذكورة في قوله صلى الله عليه وسلم: افترقت اليهود على إحدى وسبعين فرقة وافترقت النصارى على اثنين وسبعين فرقة وستفترق أمتي على ثلاث وسبعين فرقة كلها في النار إلا
واحدة قيل ومن هي يا رسول الله؟ قال من كان على مثل ما أنا عليه اليوم وأصحابي وفي لفظ: ” هي الجماعة ” .
والمعنى: أن الفرقة الناجية: هي الجماعة المستقيمة على ما كان عليه النبي صلى الله عليه وسلم وأصحابه رضي الله عنهم . من توحيد الله ، وطاعة أوامره وترك نواهيه ، والاستقامة على ذلك قولا وعملا وعقيدة ، هم أهل الحق وهم دعاة الهدى ولو تفرقوا في البلاد ، يكون منهم في الجزيرة العربية ، ويكون منهم في الشام ، ويكون منهم في أمريكا ، ويكون منهم في مصر ، ويكون منهم في دول أفريقيا ، ويكون منهم في آسيا ، فهم جماعات كثيرة يعرفون بعقيدتهم وأعمالهم ، فإذا كانوا على طريقة التوحيد والإيمان بالله ورسوله ، والاستقامة على دين الله الذي جاء به الكتاب وسنة رسوله صلى الله عليه وسلم فهم أهل السنة والجماعة وإن كانوا في جهات كثيرة ، ولكن في آخر الزمان يقلون جدا .
فالحاصل: أن الضابط هو استقامتهم على الحق ، فإذا وجد إنسان أو جماعة تدعو إلى كتاب الله وسنة رسوله صلى الله عليه وسلم ، وتدعو إلى توحيد الله واتباع شريعته فهؤلاء هم الجماعة ، وهم من الفرقة الناجية ، وأما من دعا إلى غير كتاب الله ، أو إلى غير سنة الرسول صلى الله عليه وسلم فهذا ليس من الجماعة ، بل من الفرق الضالة الهالكة ، وإنما الفرقة الناجية: دعاة الكتاب والسنة ، وإن كانت منهم جماعة هنا وجماعة هناك ما دام الهدف والعقيدة واحدة ، فلا يضر كون هذه تسمى: أنصار السنة ، وهذه تسمى: الإخوان المسلمين ، وهده تسمى: كذا ، المهم عقيدتهم وعملهم ، فإذا استقاموا على الحق وعلى توحيد الله والإخلاص له واتباع رسول الله صلى الله عليه وسلم قولا وعملا وعقيدة فالأسماء لا تضرهم ، لكن عليهم أن يتقوا الله ، وأن يصدقوا في ذلك ، وإذا تسمى بعضهم بـ: أنصار السنة ، وتسمى بعضهم بـ: السلفيين ، أو بالإخوان المسلمين ، أو تسمى بعضهم بـ: جماعة كذا ، لا يضر إذا جاء الصدق ، واستقاموا على الحق باتباع كتاب الله والسنة وتحكيمهما والاستقامة عليهما عقيدة وقولا وعملا ، وإذا أخطأت الجماعة في شيء فالواجب على أهل العلم تنبيهها وإرشادها إلى الحق إذا اتضح دليله
والمقصود: أنه لا بد أن نتعاون على البر والتقوى ، وأن نعالج مشاكلنا بالعلم والحكمة والأسلوب الحسن ، فمن أخطأ في شيء من هذه الجماعات أو غيرهم مما يتعلق بالعقيدة ، أو بما أوجب الله ، أو ما حرم الله نبهوا بالأدلة الشرعية بالرفق والحكمة والأسلوب الحسن ، حتى ينصاعوا إلى الحق ، وحتى يقبلوه ، وحتى لا ينفروا منه ، هذا هو الواجب على أهل الإسلام أن يتعاونوا على البر والتقوى ، وأن يتناصحوا فيما بينهم ، وأن لا يتخاذلوا فيطمع فيهم العدو .

Ada yang mengatakan bahwa jama’ah-jam’ah Islam yang ada saat ini adalah firqah-firqah yang diperintahkan oleh Nabi ﷺ untuk ditinggalkan, apakah ini pemahaman yang benar?

Begini wahai syaikhunal karim, ada orang yang mengatakan: bahwasanya Jama’ah-Jama’ah Islamiyyah yang ada saat ini termasuk perpecahan yang memanggil (pelakunya) ke neraka Jahannam yang diperintahkan oleh Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam untuk menjauhinya, apakah pemahaman ini menurut anda benar atau tidak?

Jawaban:

Mereka yang menyeru pada Kitabullah dan Sunnah RasulNya Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam tidaklah termasuk firqah yang sesat, bahkan ia termasuk firqah yang selamat yang disebutkan dalam sabda Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam: Berpecah Yahudi menjadi 71 golongan, berpecah Nasrani ke dalam 72 golongan, dan akan berpecah ummatku ke dalam 73 golongan, semua di neraka kecuali 1, lalu ditanyakan: Siapa mereka wahai Rasulullah? Jawab beliau Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam: Yaitu mereka yang seumpama aku atasnya hari ini dan para sahabatku. Dalam lafazh yang lain: Al Jama’ah.

Maknanya: Bahwa firqah yang selamat adalah Jama’ah yang lurus sesuai Nabi Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam dan para sahabatnya Radhilallahu ‘Anhum, dalam mentauhidkan Allah Subhanahu wa Ta’ala, mentaati perintahNya dan menjauhi laranganNya, dan istiqamah atas hal tersebut baik perkataan, perbuatan dan aqidah, mereka itu adalah Ahlul Haqq dan mereka adalah para da’i kepada petunjuk, sekalipun mereka tercerai-berai di pelosok negeri. Mereka ada yang di Jazirah Arab, ada yang di Syam (Iraq, Syria), ada yang di Amerika, ada yang di Mesir, ada yang di negeri Afrika, ada yang di Asia, mereka adalah JAMA’AH YANG BANYAK SEKALI yang dikenali melalui aqidah & amal-amal mereka, tetapi mereka ada di atas jalan Tauhid & Iman pada Allah & RasulNya dan istiqamah di atas Dinullah yang datang atasnya Al-Qur’an & Sunnah Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam , maka mereka semua adalah Ahlus Sunnah wal Jamaah , sekalipun mereka dalam bentk yang beragam, tetapi di akhir zaman mereka sedikit sekali.

Alhasil yang dipegang adalah istiqamah mereka di atas Al Haq, jika ditemukan manusia atau jama’ah yang mengajak kepada Kitabullah dan Sunnah RasulNya Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, mengajak mentauhidkan Allah ‘Azza wa Jalla dan mengikuti syariatNya maka MEREKA SEMUA ITULAH AL-JAMA’AH, DAN MEREKA TERMASUK FIRQAH NAJIYYAH. Adapun mereka yang menyeru kepada selain kitabullah, atau kepada selain Sunnah Ar Rasul Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam maka mereka itu bukan termasuk Al-Jama’ah, bahkan termasuk firqah yang sesat dan binasa, karena firqah an-najiyyah (yang selamat) adalah penyeru kepada Al-Kitab dan As-Sunnah, sekalipun mereka adalah Jama’ah disini atau Jama’ah disana, sepanjang tujuan & aqidah mereka satu. MAKA TIDAK MASALAH BAHWA YANG INI BERNAMA ANSHARUS SUNNAH, DAN YANG INI BERNAMA AL IKHWAN AL MUSLIMUN, dan yang itu bernama anu, yang penting aqidah dan amal mereka, jika mereka istiqamah atas Al Haq dan atas Tauhidullah dan Ikhlas kepadaNya dan mengikuti Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam perkataan, perbuatan dan aqidah maka NAMA APAPUN TIDAK MENJADI MASALAH. Tetapi wajib bagi mereka bertaqwa kepada Allah ‘Azza wa Jalla dan benar dalam ketaqwaannya, ADAPUN SEKALI LAGI BAHWA SEBAGIAN MEREKA DISEBUT ANSHARUS SUNNAH DAN SEBAGIAN LAGI DINAMAKAN AS-SALAFIYYUN ATAU DINAMAKAN AL IKHWAN AL MUSLIMUN atau disebut dengan nama Jama’ah anu, tidak masalah jika mereka benar, istiqamah atas Al-Haq, mengikuti Al Kitab dan As Sunnah dan berhukum kepada keduanya dan istiqamah atas keduanya aqidah, perkataan dan perbuatan, dan jika Jama’ah tsb salah dalam sesuatu masalah maka wajib bagi ahlul ‘ilmi untuk memperingatkan dan menasihatinya kepada Al Haq jika dalilnya sudah jelas.

Yang dimaksud adalah wajib bagi mereka saling tolong-menolong dalam kebaikan dan taqwa dan mengobati permasalahan kita dengan ilmu dan hikmah dan dengan uslub yang baik, barangsiapa yang tersalah dalam hal apapun di antara Jama’ah-jama’ah ini atau juga pada selain mereka dalam masalah aqidah atau dari apa yang diwajibkan Allah ‘Azza wa Jalla atau dari apa yang diharamkan Allah maka hendaklah dinasihati berdasarkan dalil-dalil syar’iyyah DENGAN CARA YANG LEMAH LEMBUT, BIJAKSANA dan USLUB YANG BAIK hingga mereka kembali kepada kebenaran dan sampai mereka mau menerimanya dan jangan sampai mereka lari daripadanya, maka hal ini adalah wajib bagi semua orang Islam untuk saling tolong-menolong dalam kebaikan dan taqwa dan untuk saling menasihati diantara mereka dan agar tidak dicaci-maki sehingga mengakibatkan terjadinya permusuhan.

(Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baaz, Majmu’ Fatawa, 8/181-183)

Sebagian manusia ada yang tidak menerima bahwa kelompok lain di luar kelompoknya adalah Ahlus Sunnah, bagi mereka selain diri mereka adalah ahlul bid'ah. Pemikiran itu berangkat dari hizbiyah kronis yang mematikan. Mereka akan cari fatwa-fatwa ulama yang pas dengan hawa nafsunya saja, ada pun yang tidak sesuai dengan hawa nafsunya akan dicampakkan atau ditafsiri macam-macam agar ujung-ujungnya tetap sesuai dengan maunya mereka.

Syaikh Muhammad bin Shalih Al 'Utsaimin Rahimahullah menyerukan persatuan antar kelompok Islam

Syaikh Muhammad bin Shalih Al 'Utsaimin Rahimahullah:

"Wajib bagi jamaah-jamaah Islam, seperti Jamaah Tabligh, Al Ishlah, Ihya'ut Turats, Ikhwanul Muslimin, dan lainnya, untuk menjadi umat yang satu. Hendaknya mereka saling membantu, menghilangkan titik perselisihan di antara mereka, dan saling memberikan nasihat di antara mereka.
(Lihat dan dengarkan video berikut, menit 3:26 s.d 3: 48)
https://www.youtube.com/watch?v=YhU9wHHhbx0

Catatan:
- Jamaah Tabligh salah satu jamaah da'wah yang lahir di India, didirikan oleh Syaikh Al Muhadddits Maulana Ilyas Al Kandahlawi, dan telah menyebar ke seluruh penjuru dunia
- Al Ishlah adalah salah satu jamaah Islam di Yaman
- Ihyaut Turats adalah perkumpulan yang didirikan Syaikh Abdurrahman Abdul Khaliq, salah satu tokoh Salafi di Kuwait
- Ikhwanul Muslimin adalah jamaah da'wah yang didirikan oleh Syaikh Hasan Al Banna, telah tersebar ke seluruh penjuru dunia yang oleh Syaikh Amin Al Husaini disebut sebagai jamaah Islam yang terbesar abad ini

Demikian. Semoga Allah Ta'ala melindungi kita dari sifat ghil dan hasad kepada sesama muslim dan pejuangnya. Amiin.

Wallahu A'lam.

Baca juga :