AFI NIHAYAH PARADISA = Apakah Di Akhirat Ada Surga


AFI NIHAYAH PARADISA

١- أٙ فِيْ بٙيْتٍ رٙجُلٌ؟
٢- أ في بٙلٙدٍ رٙئِيْسٌ؟
٣- أٙ فِيْ نِهٙاْيٙةٍ جٙنّٙةٌ؟

Baiklah, sengaja tiga kalimat di atas saya tulis lengkap dengan harakatnya. Demi untuk memudahkan teman-teman yang tidak bisa bahasa Arab membacanya. Walau jujur, untuk nulis bahasa Arab di hape lengkap dengan harakatnya itu susah. Saya harus milih satu-satu itu harakat. :)

Sekarang coba kita baca dalam huruf latin plus terjemahannya, yaa.

Kalimat pertama, dibaca: Afi baitin rajulun? Atau bisa juga dibaca: Afi bait rajul? Artinya: Apakah di rumah ada orang (laki-laki)?

Kalimat ke 2: Afi baladin raisun? Atau juga bisa dibaca: Afi balad rais? Artinya: Apakah di negara itu ada presiden?

Kalimat ke 3: Afi nihayatin jannatun? Atau bisa dibaca: Afi nihayah jannah? Artinya: Apakah di akherat ada surga?

Nah, pada kalimat ke 3 ini, kalau kata jannah dibuat bahasa Inggris berarti paradise. Diserap ke bahasa Indonesia menjadi Paradis. Kalau dijadikan nama bisa saja ditambahi ‘a’, menjadi paradisa. Atau ditambahi ‘i’ menjadi paradisi. Kalau digabung dengan dua kata sebelumnya dijadikan nama, menjadi: Afi Nihayah Paradisa atau Afi Nihayah Paradisi = Apakah di akherat ada surga.

Keren? atau Horor?

Apakah di akherat ada surga? Kok masih tanya.

Sodara, ini perlu saya bahas. Sebab perintah Allah, “Quu anfusakum wa ahlikum naaran = Jagalah diri dan keluarga kalian dari (siksa) neraka!” Artinya, pastikanlah diri dan keluarga kalian menjadi penghuni surga. Sebab di akherat tidak ada tempat lain, selain surga dan neraka!


Ust. Abrar Rifai
(Pengasuh Pondok Pesantren Babul Khairat Lawang Malang)


Baca juga :