MEMANAS! Survei Terbaru Spektrum Politika: Andre Rosiade (Gerindra) Berpeluang Kalahkan Mahyeldi (PKS/Petahana) di Pilgub Sumbar

[PORTAL-ISLAM.ID] PADANG - Tingkat elektabilitas atau keterpilihan incumbent Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah dinilai tidak sekuat yang diperkirakan banyak pihak. 

Hasil survei terbaru Spektrum Politika pun melaporkan elektabilitas mantan Wali Kota Padang dua periode itu tidak sampai di angka 50 persen.

Selain itu, nama politikus Gerindra anggota DPR RI asal Sumbar Andre Rosiade pun disebut-sebut mampu menumbangkan Mahyeldi.

Direktur Riset Spektrum Politika Andri Rusta mengatakan hasil survei Spektrum Politika pada 22-27 April 2024 di 19 kabupaten dan kota menunjukkan data yang menarik. 

Spektrum mengambil jumlah sampel 1.200 orang dengan melakukan tatap muka dan wawancara langsung. Semua surveyor dilakukan supervisi untuk keakuratan data dengan margin of error 2,9%.

"Kami baru saja selesai mengolah data yang diambil pada tanggal 22 sampai 27 April 2024. Artinya ini data terbaru pasca-Pemilu 20224 dan dimulainya era Pilkada serentak. Hasilnya memang, incumbent tidak begitu kuat, bahkan jauh di bawah 50 persen elektabilitasnya. Artinya, peluang untuk mengalahkan petahana masih terbuka sangat lebar," ujar Andri dalam keterangannya, Senin (6/5/2024), dilansir detikcom.

Lebih lanjut, Andri menjelaskan hasil survei elektabilitas bakal calon Gubernur Sumbar 2024 dengan pertanyaan "Siapa yang akan bapak/ibu pilih sebagai gubernur sekarang dari 10 nama berikut yang maju sebagai calon Gubernur Sumbar tahun 2024?" mengungkapkan hasil incumbent tetap di nomor urut atas, tapi tidak dominan.

Berdasarkan survei tersebut, Mahyeldi mendapatkan angka 36,80 %. Di sisi lain, Andre Rosiade mendapat angka 19,00 % dan Wakil Gubernur Audy Joinaldy sebesar 2,30%.

"Angka elektabilitas Mahyeldi dan Andre Rosiade memang cukup dekat. Dan ini berpotensi terus merapat. Apalagi Andre Rosiade belum menyatakan maju Pilgub. Sementara Mahyeldi sudah dapat dipastikan kembali bertarung. Sementara calon-calon lain belum begitu terlihat, mungkin mantan calon gubernur 2020 yang kembali terpilih menjadi anggota DPR RI asal Sumbar Mulyadi dari Demokrat yang lumayan di angka 16,40 %," paparnya.

Dosen FISIP Unand Padang ini pun mengungkapkan hasil survei tersebut memperlihatkan elektabilitas incumbent stagnan atau tidak bergerak. 

Ia pun menilai Mahyeldi berpotensi disalip calon lain jika serius menggarap Pilgub Sumbar. Apalagi, ada kecenderungan elektabilitasnya menurun dari survei sebelumnya. 

Spektrum juga punya perbandingan saat survei bulan Januari 2024.

"Pada survei Spektrum Politika Januari 2024 lalu, elektabilitas Mahyeldi di angka 46,70 %, sekarang 36,80 % atau menurun 9,90 % selama tiga bulan. Sementara Andre Rosiade dari 10,50 persen menjadi 19,00 % atau naik 8,50 %. Sementara Mulyadi stagnan di 16 % saja," pungkas Andri.

(Sumber: Detik)
Baca juga :