10 adab sederhana, tapi kadang diabaikan

10 adab sederhana, tapi kadang diabaikan....

1. Isi bensin sebelum mengembalikan motor pinjaman. Kalo gak punya duit, sampaikan baik-baik, biar gak dianggap pelit. Bensin botol palingan cuma 12 ribu. Gak mahal. Cuma isi bensin, bukan diminta isi kacang atau coklat keju. 

2. Jangan menyerobot antrian di manapun, apalagi di ATM, dengan alasan lagi buru-buru mau menarik duit. Ketahuilah, kamu gak sepenting itu. Semua orang di ATM juga mau menarik duit, gak ada yang mau menarik kesimpulan. 

3. Jangan memulai chat dengan P atau ass. Gak susah kok nulis assalamu'alaikum. Biasanya ada auto text. Kecuali keyboard hapemu bahasa Sansekerta.

4. Jangan hapus chat sebelum dibaca. Boleh hapus tapi minimal jelaskan kalo salah kirim. Menerima chat yang sudah terhapus itu ibarat dapat kiriman paket tapi gak ada isinya. Seneng kagak. Kesel iya. 

5. Jangan datang dadakan ke rumah orang, biasakan konfirmasi ke chat WA terlebih dahulu. Kamu bisa dzalim kalo tuan rumah lagi ada urusan penting. Mungkin urgen mau menghadiri acara on time, ketemu klien, menjemput anak, atau menyelamatkan bumi dari serangan Lord zedd dan Rita repulsa. 

6. Begitu pula soal adab nelpon. Sedapat mungkin WA dulu sebelum nelpon orang, kecuali kamu kurir yang mau nanya alamat.
Kalo gak diangkat, jangan maksa nelpon terus, karena ada banyak kemungkinan. Bisa jadi orangnya lagi sibuk di jalan. Tapi kemungkinan juga sengaja karena kamu sudah ditandain sering ngerepotin. 

7. Hindari bertamu pada jam makan. Apalagi kalo tau tetanggamu lagi bikin acara keluarga trus kamu datang cuma mau mengembalikan sudet. Oh, jangan ya.. Masih ada hari esok. Kamuflasenya jangan terlalu kentara. 

8. Jangan pula bertamu larut malam. Kalo tuan rumah sudah sesekali liat hape atau menguap tapi matanya gak berkaca-kaca, itu artinya saatnya kamu pulang. Peka lah sedikit. 
Apalagi kalo sampe jam 12 malam. Selain gak sopan, juga kuatir ntar keretamu berubah menjadi labu.

9. Take and give selalu terapkan dalam hidup bersosialisasi. Jangan kamu mulu yang mau dikasih. Sesekali balaslah pemberian orang. Sesekali saja semampunya. Jangan juga terus-terusan balas-balasan. Kecuali kalian sahabat pena. 

10. Biasakan dirimu kalo gak diundang dalam sebuah acara teman. Jaman sekarang, hal seperti ini lumrah, sebab makin banyaknya urusan manusia. Jadi jangan baper berkepanjangan. Beri udzur yang banyak apalagi pada teman sendiri. Sudahilah berpikiran bahwa tanpa undangan dirimu terlupakan. Karena kamu bukan Desi Ratnasari.

Ada yang mau mau menambahkan?

(Oleh: Arham Rasyid)

Baca juga :