Aksi Demo Pro-Palestina civitas akademi di Columbia University AS sangat monumental. Mengapa?

Aksi demo pro-Palestina mahasiswa di Columbia Univ sangat monumental. Mengapa?

1/ Karena, semua gerakan aktivisme di AS berawal dari kampus, misalnya, pada era Perang Vietnam, mahasiswa berbagai kampus berdemo memprotes pengiriman tentara AS ke Vietnam, lalu demo menjadi sangat masif diikuti banyak kalangan.

Universitas Columbia adalah kampus yang sangat penting dalam gerakan pro-Palestina ini. Mahasiswa di UC sudah berhari-hari berdemo, menuntut agar universitas & pemerintah AS menghentikan dukungannya kepada Israel. Mengapa demo di UC penting dan monumental?

Pertama, karena ini adalah kampus sangat elit di AS, kedua karena kampus ini berada di New York, ibu kota Zionis di luar Tel Aviv, di kawasan elit Manhattan. Pihak administrasi kampus pun sangat Zionis. Mereka sangat ketakutan melihat gerakan mahasiswa pro-Palestina ini, karena Colombia dalam sejarahnya sudah berkali-kali melakukan divestasi atas tuntutan mahasiswa; misalnya tahun 1990-an, UC melakukan divestasi dari Afrika Selatan yang akhirnya berujung pada runtuhnya rezim Apartheid Afsel.

Video: dosen2 juga ikut demo bersama mahasiswa UC

2/ Karena itulah administrasi kampus segera merepresi mahasiswa, memanggil polisi. Ratusan mahasiswa ditahan; banyak dari mereka yang berasal dari keluarga kaya, sebagiannya bahkan Yahudi. Pihak kampus juga menghubungi alumni mereka di CNN untuk memberitakan kejadian ini dengan narasi pro-Israel, misalnya mencitrakan gerakan pro-Palestina tersebut sebagai gerakan pro-teroris; mengabaikan fakta bahwa semua universitas di Gaza sudah dihancurkan oleh Israel dalam 6 bulan terakhir.

Sebelumnya, Rektor UC, seorang perempuan keturunan Mesir, Nemat Talaat Shafik, dipanggil dalam dengar pendapat dengan anggota parlemen AS, ditanyai soal "meningkatnya sikap antisemit di kampus UC". 

Video: Rick Allen, anggota parlemen AS berkata kepada Rektor Shafik, "Kamu tau ga, di Alkitab ada ayat jika kamu memberkati Israel, Aku akan memberkatimu... Apa Anda mau Univ. Colombia DIKUTUK TUHAN??"

Apa bedanya Zionis dengan ISIS? Bukankah mereka sama-sama mengutip ayat Tuhan untuk membenarkan pembantaian massal? 
3/ Hingga hari ini, mahasiwa UC terus berdemo, aksi ini menginspirasi gerakan serupa di kampus-kampus lain. Sama seperti di UC, di kampus-kampus lain pun polisi turun tangan, menangkapi mahasiswa. Beginilah rupanya demokrasi ala AS: kalau urusannya Zionis-Israel, buang saja demokrasi itu.

Jika tekanan para demonstran terus berlanjut dan Univ. Colombia memutuskan hubungan dengan Israel (divestasi), gerakan divestasi ini dipastikan akan meluas ke kampus-kampus lain, dan akan menyebar juga ke Eropa. Hal inilah yang akan mempercepat keruntuhan Rezim Apartheid Israel, sama seperti dulu keberhasilan masyarakat sipil dalam meruntuhkan rezim apartheid Afrika Selatan.

Video: momen saat polisi merepresi mahasiswa pro-Palestina

4/ Para pendukung Zionis berusaha menggiring opini bahwa aksi demo mahasiswa pro-Palestina ini adalah "anti Yahudi," dan "membahayakan keamanan mahasiswa Yahudi di kampus."

Padahal, peserta aksi demo banyak juga yang Yahudi. Dua foto ini dari @simonerzim, ia menulis: malam ini di Columbia, mahasiswa Yahudi melakukan kebaktian Sabat di perkemahan solidaritas Gaza. Beberapa menit kemudian mahasiswa Muslim melaksanakan salat magrib. Semua dikelilingi oleh cinta.

Credit: tulisan ini sebagiannya bersumber dari vlog @gregjstoker
 
(By @dina_sulaeman)
Baca juga :