Rusia mengirimkan lebih dari 29 ton bantuan kemanusiaan ke Gaza

[PORTAL-ISLAM.ID]  Rusia pada hari Rabu (27/3/2024) mengatakan pihaknya mengirimkan lebih dari 29 ton bantuan kemanusiaan untuk Jalur Gaza yang terkepung, di mana lebih dari 32.400 warga Palestina tewas dan hampir 74.800 orang terluka sejak 7 Oktober tahun lalu.

Pernyataan Kementerian Situasi Darurat Rusia mengatakan di Telegram bahwa penerbangan khusus yang dikirim pada hari sebelumnya telah mengirimkan bantuan kemanusiaan gelombang ke-20 kepada perwakilan Bulan Sabit Merah Mesir di kota El-Arish, yang kemudian akan mengalihkan bantuan tersebut ke warga Gaza.

Kementerian sebelumnya mengatakan bahwa bantuan kemanusiaan terdiri dari sereal, tepung, gula, dan produk penyimpanan jangka panjang lainnya, serta produk kebersihan pribadi, yang sebagian besar dikumpulkan atas inisiatif pihak berwenang dari Republik Rusia Karachay-Cherkessia.

“Secara total, sejak awal misi kemanusiaan, 20 penerbangan Kementerian Situasi Darurat Rusia telah mengirimkan lebih dari 480 ton kargo,” katanya lebih lanjut.

Israel telah melancarkan serangan militer mematikan di wilayah Palestina sejak serangan lintas batas oleh kelompok Palestina Hamas pada 7 Oktober yang menewaskan sekitar 1.200 orang.

Lebih dari 32.400 warga Palestina telah terbunuh dan hampir 74.800 orang terluka akibat kehancuran massal dan kekurangan bahan-bahan kebutuhan pokok.

Perang Israel telah menyebabkan 85% penduduk Gaza terpaksa mengungsi di tengah kekurangan makanan, air bersih, dan obat-obatan, sementara 60% infrastruktur di wilayah kantong tersebut telah rusak atau hancur, menurut PBB.

Israel dituduh melakukan genosida di Mahkamah Internasional, yang pada bulan Januari mengeluarkan keputusan sementara yang memerintahkan Tel Aviv untuk menghentikan tindakan genosida dan mengambil tindakan untuk menjamin bahwa bantuan kemanusiaan diberikan kepada warga sipil di Gaza.​​​​​​​ (Anadolu)

[VIDEO]
Baca juga :