Salah satu pabrik dan gudang produsen pertanian terbesar di Israel hancur diserang Hizbullah, akibatnya 40% pasokan sayur mayur lokal Israel terhenti

[PORTAL-ISLAM.ID] Salah satu pabrik dan gudang produsen pertanian terbesar di Israel, yang berlokasi di Zar'it, diserang Hizbullah dan sebabkan terhentinya 40 persen pasokan sayur mayur produk lokal di Israel, terutama jamur-jamuran. 

"The Champignon Farm" di Zar'it terkena roket Hizbullah

Pasangan Roza dan Yitzhak Davidian, salah satu pendiri Moshav Zar'it di Galilea Barat, menerima pesan pada pagi hari (Senin, 22/1/2024) bahwa "Champignon Farm" yang mereka miliki terkena rentetan roket yang ditembakkan dari Lebanon. Tempat itu rusak.

“Kami tidak tahu seberapa besar kerusakannya dan tidak bisa masuk dan melihat apa yang terjadi di sana, karena ada perintah dari panglima bahwa ini adalah kawasan militer tertutup,” kata Rosa kepada media Israel berbahasa Inrani Yedioth Ahronot.

Menurut pasangan tersebut, roket tersebut langsung menghantam kompleks pembuatan kompos, yang digunakan sebagai substrat untuk menanam jamur di pabrik tua yang didirikan pada tahun 1982. Pabrik tersebut kini dianggap sebagai salah satu yang terbesar di pasar Israel dan memiliki pangsa pasar sekitar 40 persen dari produk lokal.

Sejak 8 Oktober, pabrik telah ditinggalkan dan 250 pekerja yang dipekerjakan di sana telah diberhentikan atau ditinggalkan dan tidak akan kembali. Semua penduduk Zar'it telah dievakuasi ke hotel dan apartemen di seluruh negeri.

“Saya khawatir dengan pabrik dan rumah saya dan banyak yang berdoa agar semuanya berjalan lancar,” jelas Rosa. Menurut dia, dari catatan kerusakan yang terjadi, kerusakan di kompleks tersebut terlihat berat karena banyaknya pecahan peluru yang menghantam seluruh area. “Itu pabrik yang kami bangun dengan sepuluh jari (usaha keras) selama 40 tahun,” ujarnya.

Menurutnya, pasangan tersebut berniat kembali mengoperasikan pabrik tersebut di kemudian hari. “Kami tidak menyerah,” kata Rosa. “Siapa pun yang tinggal di Zar'it tahu bahwa ini adalah tempat di mana tidak ada keputusasaan. Mereka mendirikan negara dengan tembok dan menara dan itu adalah bagian dari peran kami untuk hidup di pemukiman dan menjadi perbatasan negara serta memungkinkan keberadaannya."

Dengan pecahnya perang dan karena ketakutan akan infiltrasi pasukan Hizbullah untuk menduduki Galilea, anggota keluarga dan para pekerja dievakuasi. Pendiri pabrik dan moshav, pasangan Davidian, dievakuasi ke apartemen yang mereka sewa di Yerusalem.

Negara tidak berbuat apa-apa

“Kami mendapat pelukan erat di sini, tapi negara juga harus memeluk kami,” kata Rosa frustasi. "Negara tidak berbuat apa-apa. Kami menerima sangat-sangat kecil bagian dari kompensasi yang pantas kami terima. Kami sibuk sepanjang hari dengan birokrasi dan berlarian dari satu tempat ke tempat lain dan menghadapi faktor-faktor yang melakukan segalanya untuk mempersulit kami. Bertahun-tahun kami telah membayar semua yang diminta negara kepada kami, dan hari ini ketika kami harus menerimanya, itu mengganggu kami tanpa henti dan ini tidak Adil. Saya berharap kami akan kembali dan menanam jamur, tetapi kami membutuhkan seseorang untuk membantu kami, ini bukan saatnya meninggalkan kita seperti ini."

Pada saat yang sama, beberapa kepala otoritas dari kota-kota perbatasan Lebanon, yang tergabung dalam forum "Garis Konfrontasi", pagi ini (22/1/2024) mengumumkan bahwa mereka bermaksud untuk memboikot pertemuan yang mengundang mereka bersama Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan anggota Kabinet Perang - karena pertemuan, yang akan berlangsung besok, seharusnya diadakan di Lembah Yizreel dan bukan di Galilea. Pertemuan kabinet politik-keamanan yang diperluas – tanpa ketua dewan di utara – diperkirakan akan diadakan Kamis ini di Kirya di Tel Aviv.

Setelah beberapa pimpinan otoritas mengumumkan niatnya untuk memboikot - diputuskan untuk memindahkan lokasi pertemuan ke Galilea.

Moshe Davidovitz, kepala Dewan Regional Meta Asher dan ketua Forum Garis Konflik, pagi ini mengumumkan bahwa "lokasi pertemuan tidak ada hubungannya dengan perang di utara. Ini adalah keputusan yang sangat membingungkan bagi kami. Kami menunggu untuk bertemu Perdana Menteri dan mengundangnya untuk datang kepada kami di tempat di mana perang terjadi setiap hari, selama lebih dari 105 hari.”

Davidovich mencontohkan, pertemuan yang ditunggu-tunggu dan dinanti-nantikan para pimpinan otoritas, serta sedianya berlangsung di kawasan garis konflik, sudah empat kali ditunda. “Pembatalan dan penundaan pemberitahuan dari Kantor Perdana Menteri mengenai pertemuan yang seharusnya dilakukan di wilayah garis konflik sudah menjadi pola tindakan,” tambah Davidovitz. “Dan sekali lagi, kabinet memutuskan untuk mengundang kami ke pertemuan yang tidak berada pada jalur konflik.”

Dalam forum tersebut, para pemimpin pemerintah tidak bersatu dalam menghadapi keputusan resmi tersebut, dan beberapa pemimpin daerah di perbatasan Lebanon sangat marah ketika mendengar keputusan tersebut. Beberapa bahkan tidak mengenalnya. “Ini memalukan dan saya menyesalinya,” kata Gabi Naaman, ketua Dewan Shlomi.

Menurut Naaman, "Saya sangat kecewa. Ini bukan cara seorang perdana menteri dan kabinet berperilaku. Perdana menteri punya jadwalnya sendiri, dan jika dia meminta kami untuk menghubungi Ramat David, kami akan menghubunginya dan tidak terkikis. Ini bukan tempat pergulatan politik sayap kanan dan kiri serta pertimbangan politik.”

Baca juga :