Perwira Israel: ‘Hamas tidak bisa dilenyapkan, baik sekarang maupun di masa depan’

[PORTAL-ISLAM.ID]  Pensiunan perwira militer Israel Ahron Bregman menegaskan bahwa Hamas tidak dapat digulingkan, baik sekarang maupun di masa depan.

Menurut laporan surat kabar AS The Wall Street Journal, penarikan ribuan tentara Israel dari Gaza setelah mendapat tekanan dari AS menimbulkan kekhawatiran di kalangan pejabat Israel mengenai hal ini yang menjadikan negara tersebut “rentan terhadap lonjakan aktivitas militan lainnya.”

Dikatakan bahwa ketakutan ini meningkat setelah penarikan Divisi ke-36 dari Jalur Gaza awal pekan ini, yang diikuti dengan rentetan roket yang ditembakkan dari pusat Gaza, tempat Divisi tersebut beroperasi.

Saat ini, tiga tim bekerja di Jalur Gaza: di wilayah utara, tengah dan selatan. Menurut juru bicara militer Israel Daniel Hagari, pengerahan terbesar terjadi di kubu Hamas di Jalur Gaza selatan, tepatnya di Khan Yunis.

Pensiunan Jenderal Israel Giora Eiland menyatakan bahwa: “Perubahan taktik akan memungkinkan lebih banyak warga sipil, dan militan bersama mereka, untuk kembali ke Gaza utara. Kami membayar harga yang sangat tinggi untuk sesuatu yang tidak akan ada artinya dalam waktu singkat.”

Bregman, seorang profesor ilmu politik di King’s College di London dan mantan perwira militer Israel, mengatakan: “Jika tidak ada kemenangan telak atas Hamas, Israel mungkin harus puas dengan tujuan perang yang tidak terlalu ambisius.”

Dia menekankan: “Meskipun Israel tidak pernah secara resmi mengakuinya, tujuan untuk menggulingkan Hamas tidak dapat tercapai, baik sekarang maupun di masa depan.”

(Sumber: MEMO)
Baca juga :