PKS Siapkan Nama Pengganti Sandiaga sebagai Wagub DKI, Siapa yang Paling Cocok?

(Saat konpers quick count hasil Pilkada DKI di Kantor DPP PKS. Foto: Asky, Juliyanto/ PKSFoto)

[PORTAL-ISLAM.ID] Jabatan Wakil Gubernur DKI Jakarta akan alami kekosongan setelah Sandiaga Salahudin Uno resmi ditunjuk Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Amanat Nasional (PAN) sebagai cawapres dari capres Prabowo Subianto dalam perhelatan Pilpres 2019.

Maju pilpres, Sandiaga Uno tidak cuti atau mengajukan izin ke Presiden, tapi memilih untuk totalitas dengan mengundurkan diri sebagai Wagub DKI.

Pengganti Sandi sebagai Wagub DKI diusulkan oleh partai pengusung lalu dipilih oleh DPRD.

Sesuai UU NOMOR 8 TAHUN 2015 Pasal 176:

(1) Dalam hal Wakil Gubernur, Wakil Bupati, dan Wakil Walikota berhalangan tetap, berhenti, atau
diberhentikan, pengisian Wakil Gubernur, Wakil Bupati, dan Wakil Walikota dilakukan melalui mekanisme pemilihan masing-masing oleh DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota berdasarkan usulan dari Partai Politik/Gabungan Partai Politik pengusung.

Sebagai partai pengusung, PKS pun telah menyiapkan kader untuk menemani Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan di sisa masa jabatannya.

“Struktur tentu sudah menyiapkan nama-nama,” kata Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD DKI Jakarta Abdurrahman Suhaimi kepada Okezone, Jumat (10/8/2018).

Fraksi PKS DPRD DKI, lanjut dia, menerima keputusan DPP PKS untuk mencalonkan Sandiaga sebagai pendamping Prabowo dalam mengikuti kontestasi politik tersebut. Dirinya pun menilai kalau sosok mantan Ketua HIPMI itu memang pantas sebagai pemimpin Indonesia selanjutnya.

“FRAKSI PKS mengikuti apa yang diputuskan oleh pimpinan,” ujarnya.

Terkait nama-nama kader yang telah disiapkan PKS, ia enggan menjelaskan lebih lanjut. Dia mengimbau kepada awak media untuk menanyakan hal tersebut kepada Ketua DPW PKS DKI Jakarta Sakir Poernomo. Sebab, menurutnya, yang memiliki otoritas untuk melakukan penentuan nama kader sebagi wagub DKI ada di tangai Sakir. “Tanya Pak Sakir, Ketua DPW PKS (DKI Jakarta),” pungkasnya.