PAN: Prabowo-Ustad Abdul Somad (PUAS) Jadi Pertimbangan Utama


[PORTAL-ISLAM.ID] JAKARTA - Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PAN Saleh Daulay menilai, Ustadz Abdul Somad (UAS) merupakan sosok yang paling tepat menjadi calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Prabowo Subianto pada Pilpres 2019 mendatang.

"Pasangan ini (Prabowo-UAS) termasuk yang paling menarik minat PAN," kata Wasekjen PAN Saleh Daulay kepada wartawan, Senin (30/7/2018), seperti dilansir detikcom.

Saleh mengatakan, PUAS (Prabowo-UAS) akan menjadi pertimbangan utama. Dia berharap agar partai lain punya pandangan yang sama.

"Tentu akan menjadi pertimbangan utama kami. Mudah-mudahan partai lain pun memiliki penilaian yang sama," ucapnya.

Alasannya, Ustadz Abdul Somad (UAS) dinilai Saleh sebagai sosok yang sangat tepat menempati posisi cawapres. UAS merupakan representasi kalangan santri yang bisa menjadi pelengkap bagi Prabowo yang merupakan sosok nasionalis.

"Menurut saya, UAS adalah sosok yang baik dan bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif cawapres. Apalagi, ada kesan banyak anggota masyarakat yang menginginkan capres dan cawapres adalah kombinasi nasionalis-religius. Tentu UAS sangat representatif menampilkan sosok dari kalangan santri yang religius," tutur Saleh.

Selain itu, Saleh meyakini UAS memahami persoalan kebangsaan. UAS, sebut dia, punya pemahaman tentang kondisi faktual yang dihadapi masyarakat.

"UAS ini tidak hanya sosok yang religius, tetapi dia juga sangat memahami soal-soal kebangsaan. Selain itu, dia juga berasal dari masyarakat menengah yang diyakini memahami kondisi real yang mereka hadapi. Kalau sudah memahami kondisi realnya, Insyaallah bisa mencari solusinya," sebut Saleh.

Dukungan untuk pasangan PUAS semakin meluas. Bahkan KH Arifin Ilham menyampaikan pesan yang sangat menyentuh meminta Ustad Abdul Somad untuk menerima amanah sebagai cawapres mendampingi Prabowo.

(Baca: KH Arifin Ilham Meminta UAS Menerima Sebagai Cawapres: Saatnya Ulama Tampil Menyelamatkan Negeri)

Pasangan PUAS kalau jadi berlaga di Pilpres 2019, diyakini akan menjadi tsunami suara yang akan menenggelamkan petahan.

Anggota Dewan Penasihat Persaudaraan Alumni (PA) 212 Eggi Sudjana, meyakini pasangan PUAS akan menang telak.

"Menang sangat mudah, menang berapa persen? Insya Allah 88,89 persen," kata Eggi dalam keterangan tertulis, Senin (30/7).

Menurutnya, harapan rakyat dan umat akan menjadi sebuah kenyataan bila duet tersebut diwujudkan.

"Luar biasanya, kalau pasangan Prabowo dan ustaz Abdul Somad maju ke Pilpres 2019, harapan rakyat dan umat jadi kenyataan,"

Eggi menilai, rekomendasi ijtima ulama dan tokoh nasional sangat mengguncang Indonesia karena kemunculan nama Abdul Somad di luar perkiraan banyak orang.

Menurutnya, Abdul Somad merupakan ulama bagi 100 juta umat. Hal itu terbukti dari membludaknya jumlah jemaah yang hadir setia Abdul Somad memberikan ceramah.