INNALILLAHI... Ustadz Yusuf Supendi Meninggal Dunia


[PORTAL-ISLAM.ID] Innalillahi wa inna ilaihi rooji'un... telah meninggal dunia Ustadz Yusuf Supendi pada hari Jum'at, 3 Agustus 2018, sekitar pukul 06:00 WIB di Rumah Sakit Polri Kramat Jati Jakarta.

Kabar meninggalnya Ustadz Yusuf diterima langsung Islamedia oleh kerabat Almarhum dan terkonfirmasi kebenaranya.

Jenazah rencananya akan disholatkan di masjid Arrahman Kalisari dan akan dimakamkan di pemakaman TPU Kober Kalisari Jakarta Timur sesudah Sholat Jum'at.

"Mohon doa dari semuanya semoga almarhum husnul khatimah dan mendapat maghfirah Allah SWT. Dan mohon dibukakan pintu maaf atas segala khilaf yang pernah dilakukan Almarhum semasa hidupnya," pesan dari keluarga Almarhum.

Ustadz Yusuf dikenal saat ini menjadi Caleg PDIP untuk pemilu 2019, pada pemilu 2014 menjadi caleg HANURA dan pernah menjadi anggota DPR dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Sekilas Bio

Ustadz Yusuf Supendi lahir di Bogor, Jawa Barat, 15 Mei 1958. Keluarganya merupakan keluarga besar ulama, dan pamannya, K.H. Sholeh Iskandar, merupakan ulama besar di Bogor.

Ia merupakan salah satu generasi pertama dari gerakan Tarbiyah yang ada di Indonesia, yang kemudian berubah bentuk menjadi Partai Keadilan Sejahtera.

Minat mendalami agamanya semakin meningkat setelah melanjutkan pendidikannya di Pesantren Daruh Falah milik pamannya. Yusuf Supendi memiliki kemampuan mengingat yang luar biasa karena pada waktu itu, di bawah bimbingan K.H. Ahmad Rifai Yasin, ia mampu menghafal seluruh (30 juz) Al Quran hanya dalam waktu 11 bulan.

Pada tahun 1979, Yusuf Supendi bisa melanjutkan pendidikannya di Universitas Imam Muhammad Ibnu Saud, Riyadh. Selain menjadi aktivis dakwah di Saudi, dia juga pernah memegang posisi Ketua Ikatan Mahasiswa Asia Tenggara, dan dari itulah Yusuf Supendi bisa mengenal banyak aktivis dakwah dari berbagai daerah.

Pada tahun 1985, dia berhasil menyelesaikan kuliahnya dan pulang kembali ke tanah air. Lalu menikah dengan Umi Widhiyani dan dikaruniai 5 anak. Dia bersama Hilmi Aminuddin dan Salim Segaf Al-Jufri akhirnya mendirikan gerakan yang lebih dikenal sebagai gerakan Tarbiyah, cikal bakal dari partai Partai Keadilan Sejahtera.

Ustadz Yusuf Supendi juga pernah menjadi Wakil Ketua dan anggota Dewan Syariah Partai Keadilan Sejahtera peroide 2000-2010. Pada periode 2004-2009, Ustadz Yusuf Supendi juga pernah merasakan menjadi wakil rakyat di DPR RI dari Fraksi PKS dari Dapil IV kabupaten/kota Bogor Jawa Barat.

Allahummaghfirlahu warhamhu wa'afihi wa'fuanhu..

[islamedia/Wikipedia]