Hormati Penolakan Pemkot Serang, Mardani Ali Sera: Deklarasi #2019GantiPresiden Tetap Jalan Terus


[PORTAL-ISLAM.ID] Inisiator #2019GantiPresiden, Mardani Ali Sera mengaku tidak ambil pusing dengan penolakan Pemerintah Kota (Pemkot) Serang terhadap rencana deklarasi gerakan #2019GantiPresiden di kawasan Serang. Penolakan tersebut terkait usulan izin penggunaan Alun-Alun Barat dan Stadion Maulana Yusuf.

“Yang pertama tentu kita akan jalan terus, karena #2019GantiPresiden adalah gerakan rakyat,” ujar Mardani, Senin, 6 Agustus 2018.

Namun Mardani memahami penolakan itu didasarkan pada alasan rangkaian acara Asian Games 2018. Dia menyebut saat ini tengah berkoordinasi mencari lokasi yang tak mengganggu acara tersebut.

“Yang kedua menghargai Pemkot Serang karena tempat itu kan akan jadi pawai obor Asian Games. Kami akan segera mencari tempat lain yang tidak mengganggu hajatan nasional, tapi tetap #2019GantiPresiden jalan terus,” sebut politikus PKS itu.

Mardani menuturkan deklarasi harus tetap berlangsung karena hal itu merupakan aspirasi masyarakat. Dia tak mau aspirasi masyarakat terhalangi.

“Karena hak asasi kita untuk punya kebebasan pendapat #2019GantiPresiden,” kata Mardani.

Sementara itu, terkait spanduk warga Banten yang menolak agenda #2019GantiPresiden, Mardani juga tak ambil pusing. Mardani mengaku tidak baper.

“Itu hak warga ya. Justru itu menunjukkan ada partisipasi publik yang baik. Kami tidak baper,” ucap dia.

Dikerahui sebelumnya, Pemkot Serang menolak usulan izin penggunaan Alun-alun Barat untuk acara deklarasi #2019GantiPresiden pada Jumat, 10 Agustus 2018 mendatang. Penolakan tersebut karena di waktu yang sama ada rangkaian pawai obor Asian Games. 

“Bukan hanya pihak itu, semua yang akan menggunakan alun-alun tidak diberikan izin,” kata PLT Kadis Kominfo Kota Serang Hari Pamungkas.

Selain penolakan izin di alun-alun, Pemkot juga tidak memberikan izin bagi acara deklarasi #2019GantiPresiden di Stadion Maulana Yusuf. Di lokasi tersebut juga menurutnya masuk pada agenda rangkaian acara Asian Games.

Sumber: PolitikToday