WOW... Amazing! Taman Lapangan Banteng Kini Jadi Spot Instagenik Jakarta Mirip Luar Negeri

(Taman Lapangan Banteng. Foto: IG)

[PORTAL-ISLAM.ID] Revitalisasi Taman Lapangan Banteng di Jakarta Pusat kini sudah 98% rampung. Perubahan wajah lapangan bersejarah itu mulai dilakukan Maret 2017. Terimakasih atas kerja Ahok-Djarot. Terimakasih Anies-Sandi yang melanjutkan dan menyelesaikan.

Taman Lapangan Banteng sudah ada sejak zaman Belanda.

Berdasarkan sejarah Taman Lapangan Banteng ini sudah berganti nama beberapa kali, pada zaman Belanda (1632) bernama Paviljoensveld atau Lapangan Paviljoen sesuai nama pemiliknya kemudian berubah menjadi nama Waterlooplein atau lapangan Waterloo dan karena ada tugu singa maka kadang disebut Lapangan Singa. Tugu Singa merupakan peringatan kemenangan pertempuran di Waterloo yaitu pertempuran pasukan gabungan Inggris-Belanda-Jerman melawan Napoleon. Namun tugu ini dirobohkan saat Indonesia diduduki Jepang.

Setelah Indonesia merdeka, nama Lapangan Singa diganti dengan sebutan Lapangan Banteng. Selain pertimbangan nasionalisme, nama Lapangan Banteng dipakai juga dengan pertimbangan bahwa di kawasan ini dahulu banyak dijumpai satwa liar, seperti macan, kijang, dan banteng. Tapi ada versi yang menyatakan bahwa sejak zaman Belanda juga pernah disebut Buffelsfeld, yang berarti Lapangan Banteng karena ada kubangan kubangan besar penuh air bekas galian pembuatan batu bata yang sering menjadi tempat kerbau kerbau bermain. Seiring perjalanan tahun 70-an Lapangan Banteng ini pernah menjadi terminal bis dalam kota yang menuju ke Priok, Cililitan, Blok M dll. Kemudian terminal bis ditutup pada tahun 1985 dan kemudian menjadi taman kembali.

Kini, taman yang terletak di Jl Lapangan Banteng Selatan, Ps. Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat ini sudah 98% rampung direvitalisasi.

Jam operasional saat ini hanya sampai pukul 20.00 WIB, sedangkan jika sudah diresmikan akan buka sampai pukul 22.00 WIB.

"Lapangan banteng dibuka sampai jam delapan malam walaupun lampunya belum 100 persen. Apabila sudah diresmikan, lampunya sudah allout, nanti jam masuknya sampai jam 10 malam," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno di Balai Kota, Selasa (3/7/2018).

Sandi memberi waktu hingga satu minggu ke depan kepada kontraktor. Jika teknisnya belum juga diselesaikan, ia akan mendorong berita acara pemakaian terlebih dahulu.

"Setelah lengkap kan kita dorong untuk dilakukan berita acara serah terima. Tapi seandainya minggu depan belum selesai juga, saya akan mendorong berita acara pemakaian dulu, karena masyarakat sudah banyak yang pakai," tuturnya.

Meskipun demikian, taman ini sudah cukup cantik untuk jadi tempat berfoto bahkan menjadi salah satu tempat hits di Jakarta.

Apalagi tersediannya beberapa lapangan dan spot cantik membuat destinasi ini jadi favorit warga Jakarta. Banyak yang datang untuk berolahraga, berkumpul, bersantai hingga swafoto. Ramai meski belum diresmikan.

Desain Taman Lapangan Banteng yang indah menjadi daya tarik tersendiri bagi anak muda untuk dijadikan tempat foto.

“Iya tempatnya instagramable banget. Bagus buat di-upload di instagram,” ujar Leni, salah satu pengunjung dilansir dari Tribunnews.com.

Taman Lapangan Banteng kini dilengkapi dengan lapangan bola, jogging track, lapangan voli, lapangan basket, badminton.

Tersedianya beberapa lapangan yang mumpuni menjadi salah satu alasan warga datang ke Taman ini selain Gelora Bung Karno (GBK).

"Lumayan taman ini ada track buat jogging, jadi enggak harus jauh-jauh ke GBK kan buat warga sekitar sini," ujar Danang di lokasi, Senin (2/7/2018).

Petugas keamanan mengatakan warga yang datang untuk berolahraga mulai datang pukul 16.00 WIB.

Selain lapangan olahraga, tersedia juga area bermain untuk anak, kolam air mancur, musholla dan monumen Pembebasan Irian Barat. Kedepan akan dilengkapi dengan food court.

Banyak juga warga yang memanfaatkan taman ini untuk sekadar berfoto ataupun berbincang bersama krabat.

"Enggak cuma buat olahraga, kita juga bisa foto disini backgroundnya bagus. Buat nongkrong-nongkrong juga oke," katanya.

Begini kumpulan foto cantiknya Taman Lapangan Banteng yang Instagramable yang lokasinya tak jauh dari Masjid Istiqlal.

Waktu terbaik menikmati waktu di Taman Lapangan Banteng adalah sore hari, saat senja begitu memesona

(Foto: @diecruel)

Jika Anda datang saat malam hari, Anda bisa befoto dengan pemandangan indah ini...
(Foto:@balingbalingbamboe)

Kalau dipandangi, spot foto ini mirip di Washington DC...
(Foto:vitri_indreswari)


Baca juga :