Swedia Menyerukan Israel untuk Membuka Blokade Gaza yang Telah Berlangsung 12 Tahun


[PORTAL-ISLAM.ID] Menteri Luar Negeri Swedia Margot Wallström meminta pada hari Jumat bagi pemerintah Israel untuk membuka blokade yang telah berlangsung 12 tahun di Jalur Gaza dan untuk memungkinkan bantuan medis ke daerah tersebut, surat kabar Al-Shaab Mesir telah melaporkan.

"Israel harus mencabut pengepungan yang dilakukan di Gaza, penyeberangan perbatasan terbuka dan menjamin kedatangan bantuan medis dan makanan," kata Wallström kepada parlemen Swedia. Menteri menunjuk pada situasi kemanusiaan yang memburuk di wilayah Palestina. Dia telah membuat beberapa komentar terhadap pengepungan Israel ilegal dan tidak manusiawi.

Wallström juga menyoroti aksi damai protes-protes besar Maret of Return yang dimulai sejak 30 Maret di Gaza telah membuat snipper Israel membunuh 136 warga Palestina dan melukai lebih dari 15.000 lainnya, termasuk anak-anak.


Penduduk Palestina di Gaza telah melakukan protes di sepanjang perbatasan Jalur Gaza, terutama setelah sholat Jumat. Mereka menyerukan pengepungan Israel untuk dicabut dan diizinkan untuk menggunakan hak mereka untuk kembali ke tanah air mereka dari mana mereka telah diusir oleh milisi Zionis dan pasukan keamanan Israel sejak 1948. (MEMO)
Baca juga :