SAH! Gerindra-Demokrat Sepakat Koalisi Pilpres 2019


[PORTAL-ISLAM.ID] Partai Gerindra dan Partai Demokrat sepakat membangun koalisi di Pemilu Presiden (Pilpres) 2019. Kesepakatan ditetapkan setelah Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).



"Kami sepakat melaksanakan kerja sama politik yang terwujud dalam koalisi. Di mana kita juga berkomunikasi dan mengajak partai lain untuk koalisi," kata Prabowo usai pertemuan yang digelar di kediamannya di Jakarta, Senin, 30 Juli 2018.

Dia menjelaskan, dalam pertemuan itu terdapat keinginan dari ke dua pihak untuk menjalin energi kerja sama yang erat dalam menghadapi keadaan negara yang berada dalam kondisi kesulitan.

Prabowo mengatakan, dalam pertemuan tersebut SBY menyarankan untuk menindaklanjuti kerja sama koalisi untuk menyusun visi dan misi ke depan termasuk untuk mendeklarasikan calon presiden dan wakil presiden.

"Kami berkehendak keras memberi solusi terhadap kesulitan-kesulitan bangsa kita sekarang. Kita membahas secara rinci langkah-langkah ke depan," ujarnya.

Prabowo menegaskan bahwa dalam pertemuan tersebut SBY nenyerahkan kepada dirinya untuk menentukan sosok cawapres yang akan mendampinginya di Pilpres 2019.

Diketahui, sejumlah kader partai Demokrat dan Gerindra hadir dalam pertemuan Prabowo-SBY pagi ini.

Sejumlah nama di antaranya Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani, Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Fadli Zon dan Sufmi Dasco Ahmad.

Dari Partai Demokrat yang telah hadir antara lain Sekjen Partai Demokrat Hinca Pandjaitan, Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan, Ketua DPP Partai Demokrat Herman Khaeron, Roy Suryo, Nurhayati Ali Assegaf.

Berikut Liputan tvOne: