Presiden Erdogan Umumkan Kabinet Ramping 16 Menteri


[PORTAL-ISLAM.ID] ANKARA - Presiden Recep Tayyip Erdogan resmi dilantik pada Senin (9/7/2018) sore atau pukul 20.30 WIB.

Pasca pelantikan, Erdogan langsung mengumumkan Kabinet Ramping yang terdiri dari 16 Menteri di kompleks kepresidenan di ibukota Ankara. (NB: di Indonesia, kabinet terdiri dari 34 Menteri).

Inilah anggota kabinet sistem pemerintahan presidensial pertama Turki yang dipimpin Presiden Erdogan:

1. Menteri Kehakiman: Abdulhamit Gul

2. Menteri Buruh, Pelayanan Sosial, dan Keluarga: Zehra Zumrut Selcuk

3. Menteri Lingkungan dan Urbanisasi: Murat Kurum

4. Menteri Luar Negeri: Mevlut Cavusoglu

5. Menteri Energi dan Sumber Daya Alam: Fatih Donmez

6. Menteri Pemuda dan Olahraga: Mehmet Kasapoglu

7. Menteri Keuangan: Berat Albayrak

8. Menteri Dalam Negeri: Suleyman Soylu

9. Menteri Kebudayaan dan Pariwisata: Mehmet Ersoy

10. Menteri Pendidikan Nasional: Ziya Selcuk

11. Menteri Pertahanan Nasional: Hulusi Akar

12. Menteri Kesehatan: Fahrettin Koca

13. Menteri Perindustrian dan Teknologi: Mustafa Varank

14. Menteri Pertanian dan Kehutanan: Bekir Pakdemirli

15. Menteri Perdagangan: Ruhsar Pekcan

16. Menteri Transportasi dan Infrastruktur: Cahit Turan

Erdogan juga mengumumkan Fuat Oktay sebagai Wakil Presiden. (NB: Berbeda dengan di Indonesia. Di pilpres Turki hanya bertarung Capres, tidak ada Cawapres. Wapres nantinya dipilih oleh Presiden)

PROFILE MENTERI



1. Abdulhamit Gul

Menteri Kehakiman Abdulhamit Gul lahir di provinsi Gaziantep tenggara pada tahun 1977, Abdulhamit Gul belajar hukum di Universitas Ankara. Ia menjadi menteri kehakiman pada tahun 2017.

2. Zehra Zumrut Selcuk

Menteri Buruh, Pelayanan Sosial, dan Keluarga Zehra Zumrut Selcuk, 39, memperoleh gelar sarjana ekonomi di Universitas Bilkent di Ankara.

Dia meraih gelar doktor di Universitas Michigan di AS juga gelar doktor bisnis di University of Texas di Dallas. Dia meraih gelar master dalam bidang akuntansi dan informasi di universitas yang sama.

Dia bekerja sebagai asisten peneliti di University of Texas dari 2003 hingga 2007. Dia mulai bekerja sebagai peneliti senior di Pusat Penelitian dan Pelatihan Ekonomi dan Sosial Statistik untuk Negara-Negara Islam (SESRIC) - di bawah Organisasi Kerjasama Islam (OKI) - pada 2007, dan kemudian menjadi direktur statistik dan informasi, gelar yang dipegangnya hingga hari ini.

3. Murat Kurum

Ditunjuk sebagai menteri lingkungan dan urbanisasi, Murat Kurum lahir di Ankara pada tahun 1976.

Setelah mendapatkan gelar sarjana dalam bidang teknik sipil di Universitas Selcuk di provinsi Konya tengah, Kurum memimpin Emlak Konut GYO, pengembang real estate milik TOKI, pengembang perumahan yang didukung negara.

4. Mevlut Cavusoglu

Menteri Luar Negeri Cavusoglu, 50, memperoleh gelar sarjana dalam ilmu politik di Universitas Ankara pada 1988 dan meraih gelar master ekonominya di Long Island University di New York.

Ia meraih gelar doktor pada tahun 1993 di departemen Hubungan Internasional Universitas Bilkent dan melanjutkan studinya pada tahun 1993-1995 di London School of Economics (LSE), di mana ia mendapat Beasiswa Jean Monnet.

Penunjukan Menlu ini adalah yang ketiga kalinya. Dia pertama kali menjabat sebagai menteri luar negeri pada 2014-2015 di Kabinet ke-62 dan kemudian di Kabinet ke-64.

5. Fatih Donmez

Lahir di provinsi Bilecik barat pada tahun 1965, Fatih Donmez menjabat sebagai wakil sekretariat di Kementerian Energi dan Sumber Daya Alam sebelum promosinya saat ini menjadi menteri energi dan sumber daya alam.

6. Mehmet Kasapoglu

Mehmet Kasapoglu, ditunjuk sebagai menteri pemuda dan olahraga baru, lahir di Istanbul pada tahun 1976.

Ia belajar ilmu ekonomi dan administrasi di Universitas Marmara dan memperoleh gelar master administrasi lokal dari universitas yang sama. Kasapoglu juga memperoleh gelar master dalam administrasi bisnis di Palm Beach Atlantic University, Florida.

7. Berat Albayrak

Berat Albayrak, lahir di Istanbul pada tahun 1978, mendapatkan gelar sarjana dalam administrasi bisnis di Universitas Istanbul dan seorang master di Lubin School of Business di Pace University di New York.

Sebelum posisi barunya, Albayrak adalah menteri energi dan sumber daya alam.

8. Suleyman Soylu

Suleyman Soylu lahir di Istanbul pada tahun 1969. Ia terpilih sebagai ketua Partai Demokrat pada tahun 2009. Dalam pemilihan umum 2015 ia memenangkan kursi sebagai anggota parlemen Partai Keadilan dan Pembangunan (AK) yang berkuasa dan menjabat sebagai menteri tenaga kerja dan keamanan sosial dan menteri dalam negeri. Dia tinggal di pos terakhir.

9. Mehmet Ersoy

Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Baru, Ersoy, lahir pada 1968 di Istanbul.

Ia belajar Administrasi Bisnis di Universitas Istanbul.

Seorang profesional pariwisata dan pengusaha, Ersoy telah menjadi administrator kapal pesiar di Turki.

10. Ziya Selcuk

Menteri Pendidikan Baru Ziya Selcuk lahir pada 1961 di Ankara dan belajar ilmu pendidikan di Universitas Hacettepe, Ankara. Dia kemudian menjadi profesor di Gazi University, juga di ibukota.

Dia adalah presiden Dewan Pendidikan dan mengambil bagian dalam negosiasi aksesi UE di Turki di bidang pendidikan dan sains.

11. Hulusi Akar

Hulusi Akar, menteri pertahanan nasional yang baru, ditunjuk sebagai Panglima Pasukan Turki pada tahun 2013 dan kepala Staf Umum negara pada bulan Agustus 2015.

Akar lulus dari akademi militer sebagai perwira infanteri pada tahun 1972. Ia menjabat sebagai komandan di Bosnia pada tahun 1997-1998, di mana ia dianugerahi Orde Merit AS, sebelum kembali ke Turki untuk memimpin Brigade Keamanan Dalam Negeri.

Dia diberi Medali Keberanian dan Medali Bela Diri untuk pencapaiannya yang luar biasa dalam operasi keamanan internal.

12. Fahrettin Koca

Menteri Kesehatan Baru Fahrettin Koca lahir pada 1965 di provinsi Konya tengah. Dia lulus dari Istanbul University Medical School pada 1988, di mana dia juga belajar pediatri.

13. Mustafa Varank

Menteri Industri dan Teknologi Mustafa Varank, 42, memperoleh gelar sarjana dalam ilmu politik dan administrasi publik di Universitas Teknik Timur Tengah Ankara (METU).

Ia mencari gelar masternya dalam ilmu komputer di Indiana University di AS.

Dia mulai bekerja di kantor Perdana Menteri pada tahun 2005, dan menjabat sebagai penasihat utama untuk perdana menteri pada tahun 2011, penasihat utama untuk presiden pada tahun 2014, dan menjadi duta besar pada tahun 2016.

14. Bekir Pakdemirli

Menteri Pertanian dan Kehutanan Bekir Pakdemirli, 45, memperoleh gelar sarjana manajemen di Universitas Bilkent di Ankara. Dia juga meraih master di manajemen di Universitas Baskent.

Pakdemirli meraih gelar doktor dalam ekonomi di Celal Bayar University di Manisa. Dia adalah seorang pengusaha freelance di bidang makanan, pertanian, peternakan, teknologi, dan mobil.

Dia telah menjadi pendiri dan administrator di berbagai perusahaan, termasuk penyedia layanan seluler Turkcell, jaringan pasar diskon BIM, dan AlBaraka Participation Bank.

15. Ruhsar Pekcan

Menteri Perdagangan Baru Ruhsar Pekcan, 60, memperoleh gelar sarjana dan magisternya dari departemen listrik Universitas Istanbul.

Karirnya dimulai pada tahun 1981 sebagai insinyur listrik di pabrik manufaktur pipa, dan kemudian ia menjadi anggota dewan dan manajer umum di perusahaan yang sama. Dia mengundurkan diri pada tahun 2005.

Dia saat ini adalah CEO dari sebuah perusahaan engineering yang didirikan pada tahun 2005.

16. Cahit Turan

Menteri Transportasi dan Infrastruktur Baru Cahit Turan lahir pada tahun 1960.

Dia lulus dari Departemen Teknik Konstruksi Universitas Karadeniz Teknik, dan memperoleh gelar master dari departemen yang sama.

Setelah mengundurkan diri sebagai kepala Direktorat Bina Marga, Turan bekerja sebagai penasihat utama presiden dan anggota Dewan Negara. Dia sekarang adalah CEO dari konsorsium yang mengambil alih pembangunan Jalan Raya Marmara Utara.

Sumber: Anadolu


Baca juga :