Pernyataan Resmi Polandia: Bendera Muhammad Zohri adalah bendera Polandia yang Dipinjamkan


[PORTAL-ISLAM.ID] Publik tanah air masih simpang siur terkait bendera merah-putih yang dipakai Lalu Muhammad Zohri, setelah memenangi lomba lari 100 meter putra Kejuaraan Dunia Atletik U-20 di Tampere, Finlandia, Rabu (11/7/2018).

Setelah finis terdepan, pemuda 18 tahun asal Nusa Tenggara Barat (NTB) itu tampak kesulitan mencari bendera kebangsaan yang biasanya jadi simbol perayaan bagi para pelari. Namun akhirnya Lalu Muhammad Zohri mendapat bendera berwana merah-putih.

Ada yang menyebut bendera merah-putih itu adalah bendera negara Polandia yang berwana putih-merah, kemudian dibalik agar menjadi bendera merah-putih seperti bendera Indonesia.

Namun, kabar bendera Polandia yang dibalik ini dibantah oleh pihak lain, dianggap sebagai HOAX. Di sosial media bahkan beredar yang diklaim sebagai pernyataan dari PB PASI bahwa bendera itu adalah bendera merah-putih Indonesia yang dibawa dari Jakarta, namun memang telat memberinya sehingga tampak Muhammad Lalu mencari-cari.

Simpang siur ini akhirnya terjawab...

Asosiasi Atletik Polandia (PZLA - Polski Związek Lekkiej Atletyki / Polish Athletic Association) melalui akun resmi twitternya menyatakan bahwa bendera yang dipakai juara dunia 100 meter dari Indonesia (Lalu Muhammad Zohri) adalah bendera Polandia yang dipinjamkan oleh pihaknya.

🥇Złoty medal w biegu na 100 metrów zdobył w #Tampere2018 Indonezyjczyk 🇮🇩. 

Tak - ta flaga, z którą widać go na zdjęciu to polska biało-czerwona 🇵🇱Nasza ekipa pożyczyła flagę, ale dziennikarzom odmówiła tłumaczenia z indonezyjskiego ☀️



Terjemah:

🥇 Medali emas dalam lari 100 meter dimenangkan di # Tampere2018 Indonesian 🇮🇩.

Ya - bendera ini yang dapat Anda lihat dalam gambar berwarna putih-merah Polandia. "Kru kami meminjamkan bendera, tetapi wartawan menolak menerjemahkan dari bahasa Indonesia."

Polandia memang salah satu peserta di Kejuaraan Dunia Atletik U-20 di Tampere Finlandia yang berlangsung 10-15 Juli 2018.


Walaupun tidak termasuk dari 8 atlit yang ikut final di nomor lomba lari 100 meter putra yang dimenangkan Muhammad Zohri, namun atlit Polandia ikut di nomor-nomor yang lain.

Salah satunya Martyna Kotwiła atlit Polandia yang menjadi juara 3 (medali perunggu) di nomor lari 200 meter putri. (perhatikan benderanya: putih-merah)



Jadi sudah clear bahwa bendera yang dipakai Lalu Muhammad Zohri memang bendera putih-merah Polandia yang kemudian dibalik menjadi merah-putih.

Peter F. Gontha, Duta Besar Republik Indonesia untuk Polandia, melalui akun facebooknya juga menyampaikan terimakasih kepada Polandia atas pinjaman benderanya.

Berikut video-video...

[video - M Zohri mencari-cari bendera gak dapat, lalu ada bule yang memberi bendera]
[video - bendera M Zohri diambil lagi]